PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA LKS DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL

Jannah, Fatihara (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA LKS DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133331059 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133331059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133331059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133331059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133331059 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133331059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133331059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133331059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133331059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan kartu soal pada materi konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas dengan pengambilan sampel dilakukan secara purposive untuk mengambil kelas ekperimen I dan eksperimen II. Dimana kelas eksperimen I siswa diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS sedangkan kelas eksperimen II siswa diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan kartu soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal soal yang telah di uji validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan kartu soal pada materi konsep mol di SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai 78,78% dan di kelas eksperimen II 72,15%. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I (22,67) dan posttest (83,67). Hasil pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest (25,33) dan postest (79,50). Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS dan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media kartu soal kartu soal pada materi konsep mol diperoleh sebesar 6,63%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, Muchtar196703171992031004
Call Number: SK-2017 KIM 148
Keywords: Hasil Belajar ; Media ; Problem Based Learning (PBL) ; Konsep Mol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 09:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item