dosen kcmampuan J2 taken classe validity objective leh ter1ebih experiment signiflkan liogulstlk variant sample only berbahasa type diujikan alway structural rnembaca petbedaan 160 there tinggi giving sedangkan instructor keeerdasan kooperarif into inferential dibelajarkan education then homogenita tenaga drill kemampuu deskriptif datam ftabcl nyajikan memperhatikan terhadap bahwa teknik membaca taught bahasa quality lecture liliefor politeknik diujicobakan person ob normalita adalah memenuhi berjumlah fisher result descriptive student text kemampuan wa untuk jigsaw met could kecerdasan analysi pengajar diuji ofenglish learning medan interaction research improve between persyaratan meningkatkan indicated uji program pascasarjana diambil proficiency mutu mllhasiswa taraf populasi trial linguistic merupakan penclitian factor hasil know merancang consider cooperative mempengaruhi lower dapat memiliki yaitu design dalam MAYA leo using anal sebelwnnya diperoleh diharapkan sampel diajar significance basi linguistlk recommended UNTMED bartlett higher kescbat isi teaming 2008 ABSTRACT saja rnenunjukkan pembelajaran memperoleh varian 055020360 senantiasa four 516 digunakan dimiliki tat kela validita who level kooperatif antara YANI ABSTRAK ini analisi expected dalarn consisting terlebih flabd distinguish cluster statistik 'lik memillki 118 para technic mengetahui kemarnpuan normality tested them tc used dcngan outtbe hal possessed oose stati way model san polytechnic berbabasa 'td tek mahasiswa keeerda interaksi population test dilakukan effecting linguistik pharmacy kesehatan jeni pada english criterion inferensia1 reliabi1ita soal sampling agar reading pay subjected evident random low tebih reliability diberik o1eh pendidikan sebanyak finally jalur dan inl frable treatment than ditunjukkan department lilliefor homogenity presentation kepada empat dahulu slnaga menguji health kcla tcrhadap tried dengan farmasi data jurusan tabte anava orang lnggri menggunakan hipotesi yanl atau out yang difference skill mcmpertimbangkan kuasi statistic lebih diberikan sebelum perbedaan slatistic signifikan faktor penelitian quasi sebagai belajar barlett two NIM dari bennanfaat terdapat attention postgraduate bertujuan oleh peogaruh pijakan kooperalif MAY testing SINAGA pengujian rendah find eksperimen effect membedakan soul rasa perlakuan before semoga umumnya kooperatiftcrstruktur high hypothesi terstruktur had te HANDA tingkat