dosen kala kelompok dipilih peranan engar ditindaklanjuti maliasiswa merasa penulisnya masing pengetahu41 serta bermanfaat mencakup ernampuan keterampilan lmplikasinya dibutuhkan dibacaoya ketelitian mengupayakan antar merata pemikiran berbahasa lhasiswa menyusun ill pemilihan dibaca tinggi verbal kal telc lsiswa pencf ketcrbatasan sedangkan simp meoukar keeerdasan menangkap kerjasama lisan urutan dibelajarkan memilik dijadikan kompeten membantu iswa maha pendidik selurub 116 lajaran meninglcatkan maupun tenaga pembelajllflll dibarapkan ide bentuk dikomunikasikan terbadap linguistilc meningkatk seclllll pemusatan rnengajukan berlangsung terhadap sat bahwa penglihatan menggunalcan tidak membaca terampil suatu pemecahan memadai terutama bahasa disain jain disampaikan akhimya ljarnya basil pengkaj renffi seb politeknik 110 pilciran pembel secara 00n kegiatan dimaknai acwio menghasi cepal sekaligu ilm1 pem'baca sena struktur bacaan masalah adalah makin imat materi 108 terstrukt menemukan bel lrecerdasan tetapi kemampuan jigsaw untuk pengetabuan den apa kemamp jawaban lhasa mempelajari kecerdasan menuangkan tersebut pengajar medan selanjutnya marnpv karakteristik shoring betkomunikasi mend meningkatkan tim dipahami lll dibandingkanjika vharing khususnya deogan alcan komwlikasi dibutuhkannya memperbatikan mutu individu konsep daya ji11saw terkandung bahan ataupun buruf memilih kondisi rlcan suara dibandinglwl pengetahuaonya kekuatan utuh dipertimbangkan lioguistik berbagai langsung berperan car hasil seeara dibelajarkao melibatkan merancang mempersiapkan pelajaran 115 mempengaruhi kan losen dapat prose rendab memiliki dalam informasi asa diperlukan anggota h1ggri lan diharapkan pesan sampel diraneang cerda diajar memberikan melalui lengan mengemukakan mengerti dirangkai maka pu lllg tertentu mahasiswii mental sehingga tertuli sesaroa terukur libatkan jipw pembelajaran bertanggung memperoleh frumasi dibacanya itu melibat pertanyaan wacana haru guna menyajikan kata lebib senantiasa ngan alan ketepatan ling intonasi penting kec membentuk berbicara terjadi tepat memaknai rnahasiswa lcooperatifterstruktur cakupan digunakan dimiliki mengarang bekerja kela mengungkapkan baha memeeahkan terstruktu t3ktor kurang luasnya berbah dija efesien selain dengao mempcngaruhi kooperatif mengembangkan kesebatan lllgat berbeda bll1rwa kecerdasa berinteraksi antara altematif seseorang kecerda mtuk ini peroleban dalarn gan adanya ulan kemudahan mempermudah pikiran pemabaman cenderung arti para belajamya kemarnpuan baik kooper dikembangkan jela satu lain seorang efisien respoll adalab pembclajaran membcrilq model melakukan huruf menyampaikan mengubah marnpu sebingga llllinguistik san tulisan meoemukan mabasiswa demikian mengajar berbabasa bah keterangan memecahkan berpikir kecerdasao mendengar tek mempclajari perhntian topik dibandingkan kam SIMPULAN mahasiswa diri 113 11gar menukar doseo tentang respon meoggunakan interaksi dinami simbol bih memperoleb kerjasarna interalcsi iaj mem sesuai termasuk mampu implikasi dimunt meogerti ldtususnya memabami bervariasi pula linguistik tinggj kesehatan disarnpaikan wawasan 109 dilaksanakan erdasan mqdel kbususnya pada persoalan ilmu menuli pemaknaan tahapen fonetik tuj simpulan agar sesama meogungkapkan berb dati suasaoa diperkirakan makna mempertimbangkan IP pengetahuan variabel SARAN temy maslah tahapall reodah penerapan eli keterlibatan guoa lgai koodisi menggunak bagian med bersifat tukar berarti pendidikan BABV loggri transfer sccara pemahamannya saling haik lua ngop dan oopef kesulitan menekankan diocapkan jawab fannasi inggri IMPLIKASI persoal efektif mengacu miliki jenjang sangat menyu bcrbabasa lam sistemati keterarnpilan wltuk keterbatasan kepada komunikasi sal berbaha lktif 114 maksud llif memaharni memberilc lingui kecerdas dengan farmasi dituangkan terutarna kemampu memahami jurusan perlu ljaran pemaharnan lnggri menggunakan jnggri akan dimaksudkan saran nciptakan atau ari kooperatifjigsaw yang kalimat ltif sehari mempunyai likan penggunaan artioya work kerja apabila pemahaman lebih berdsst bunyi inuri ian diberikan memegang hanya menyatakan mengolah banyak penelitian sebagai belajar sebab jangkauan lel dajam diswnpaikan menguasai mempertimbang gagasan lengkap lainnya membangkitlcan melatib dari mudah limyll lll8lq terdapat kna mata koopcratif dilpat buah namun cara pengembangannya pola y3iig yllll oleh rtama memerlukan falctor pem DAN pijakan mana untu1c meskipun rnah infonnasi penguasaan pendengaran 1tif ritme pebelajaran tangkap mclalv pendekatan lingistik tik rendah berkomunikasi diucapkan IDQ struktural cepat lcaralcteristik selaojutnya dibagikan koperatif umumnya dihar1lpkan meod benar setiap team mencari kepekaan objek kecetdasan salah terstruktur jika tingkat rnempengarubi