kelompok nilai signiflk tujuan belakang latar ansi perkuliahan rendahi iii antar si berbahasa saraa rnembaca 160 perhitungan tinggi lc sarna istik operasional ran daftar keeerdasan perbitungan perbandingan tmgg1 dibelajarkan homogenita 144 terstrukturdan deskripsi kooperatifdengan deskriptif tabe113 jinguistik tabel mernba terhadap instrumen ringk teknik bar I5 tidak membaca 151 138 liliefor basil kerangk dibelaj politeknik hipo 191 ahan poltekke ANTAR pengajuan halaman hafaman ranc normalita masalah 108 peoelilian fisher manfaat kemampuan untuk jigsaw pcrlakuan ftekuensi instnunen koperatifterstrulctur xiv kecerdasan 130 medan pernbelajaran swa reliabilita dibefajarkan lampi ata lingu litian tim lampiran uji histogram DAB dibelajark tur butir 163 daya kesahihan taraf ringl populasi koperatifterstruktur tabel30 lsi IV lioguistik nonnalita petsyaratan gambar bellijar mahasi hasil seeara tabel9 kccerdasan kera skor 115 mempengaruhi pcmbelajaran rendab memiliki dalam internal lmplikasi kolektif tabel21 nggri dibelajarlcan sampel ujicoba 158 rangkuman asan pengambilao desain tabel28 vii 125 ABSTRACT linguistl pembelajaran waktu BAB varian perumusan teoriti 147 angan dasar 2x2 satuan slcor 117 eseluruhan unen validita dengao kooperatif KATA kesebatan kecerdasa antara strategi kooperati tabel2 kecerda ABSTRAK analisi 156 perlalnmn pelaksanaan betbahasa statistik II MPKT menunjukkan dcngan koopcratifterstruktur KLT pembe pembclajaran model 168 145 frekuensi san mabasiswa berbabasa berpikir tabulasi tek mahasiswa tabe pembeda relcran interaksi 120 rancangan implikasi lllustrasi linguistik fekuensi 171 frelruensi looperatif 161 DAYTARISI 109 teoritis scheffe' pada inguistik reliabi1ita ldentifikasi soal LAMPIRAN simpulan t8raf pengumpulan imgujstik diajarkan variabel peogajuao jur contob koopcratifjigsaw tarafk DAFTARTABEL BABV loggri acara kisi GAMBAR uotuk dan ekstemal ABEL mohasiswa PUSTAKA ajaran fannasi inggri penelilian pembefajaran lnteraksi viii keterbatasan empat kemampuao distribusi signiiikansi DAFI'AR xii signifikansi gam dengan pcndekatan farmasi data linguislik esulcaran jurusan anava lnggri 159 VI hipotesi jnggri saran pembatasan xiii kooperatifjigsaw bartlet 162 yang terstruklur pembell homogenila oistribusi lnstrumen perbedaan I32 penelitian perkuli simplllaa induk 143 emampuan iaran peoelitliii lingujstik definisi lcooperati KLR lek arkan keraogka observasi lnstn DAFTAR elompok ringkasan koperatifjigsaw mbaca dffibar pene terstruk kooperatifterstruktur kelulusan pembelll tabel29 PENG metode pembaha pengujian ogka pendekatan kernampuan prosedur rendah peodalluloao MPKJ 166 perlakuan 134 I05 jumlah aran hakikat terstruktur te analisa 146