ANALISIS PENGARUH PANJANG LENGKUNG SUDU DAN VARIASI KECEPATAN ANGIN TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN MINIATUR TURBIN ANGIN

Sembiring, Putra Pirnando (2017) ANALISIS PENGARUH PANJANG LENGKUNG SUDU DAN VARIASI KECEPATAN ANGIN TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN MINIATUR TURBIN ANGIN. Diploma thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miniatur turbin angin merupakan turbin sumbu vertikal yang dapat beroperasi dengan baik pada kecepatan angin rendah. Secara umum kinerja turbin dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk panjang kelengkungan turbin. Penelitian ini dilakukan dengan memodifikasi sudu pada miniatur turbin angin yang berbentu huruf U dengan variasi sudut kelengkungan turbin sebanyak 3 variasi sudu , yaitu masing-masing sebesar 10 cm, 15 cm dan 20 cm dengan tinggi pada sudu sama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari variasi sudut kelengkungan terhadap daya yang dihasilkan turbin pada setiap variasi kecepatan angin. Dengan menggunkan 4 variasi kecepatan angin yaitu 3 m/s, 5 m/s, 7 m/s dan 9 m/s. Dari tabel dan grafik hasil pengujian tegangan dan arus, diketahui bahwa variasi panjang lengkung sudu dan variasi kecepatan angin sangatlah berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan miniatur turbin angin. Sudu pada turbin yang menghasilkan daya paling besar pada saat berputar adalah sudu dengan  15 dengan kecepatan angin 9 m/s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKoto, Indra197702122003121004
Thesis advisorTanjung, Husni Wardi195807111983031026
Call Number: TA-2017 MSN
Keywords: Kecepatan Angin, Daya, Panjang Kelengkungan Sudu.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2017 10:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item