PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTSN2 MEDAN

Anda, (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTSN2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045020283 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045020283 - abstrak.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045020283 Dafar Isi.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045020283 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045020283 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045020283 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran individual, (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran (kooperatif dan individual) dengan kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Medan terdiri dari 2 kelas. Populasi penelitian adalah siswa kelas II MTsN 2 Medan tahun ajaran 2008/2009, keseluruhannya berjumlah 379 orang siswa dari 9 kelas. Sampel penelitian 2 kelas diambil dari 86 siswa dengan teknik pencuplikan sampel menggunakan teknik claster random sampling. Instrumen penelitian berbentuk tes terdiri dari tes hasil belajar matematika dan tes kemampuan verbal. Tes psikologi diberikan kepada siswa untuk mengklasifikasikan kemampuan verbal yang dimiliki siswa yaitu kemampuan verbal tinggi dan rendah. Untuk tes kemampuan verbal digunakan tes psikologi yaitu tes Differential Aptitude Test (DAT).Metode penelitian yang digunakan eksperimental-semu dengan rancangan faktorial 2x2. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 jalur dengan taraf signifikansi 5%(a = 0,05). Sebelum analisis varians dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan menggunakan Uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan menggunakan Uji Bartlett dan dilanjutkan dengan Uji Lanjut Tukey.Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran individual, hal ini ditunjukkan oleh Fr = 4,58 > Ft = 4,02 pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk (1,56); (2) Siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fr = 21,78 > Ft = 4,02 pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk (1,56); (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (kooperatif dan individual) dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika siswa. hal ini ditunjukkan oleh Fr = 5,71 > Ft = 4,02 pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk (1,56).Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif lebih sesuai digunakan pada siswa dengan tingkat kemampuan verbal tinggi, sementara pembelajaran individual lebih tepat digunakan pada siswa dengan tingkat kemampuan verbal rendah. Hal ini memberikan petunjuk bahwa pemilihan strategi pembelajaran hams mempertimbangkan aspek kemampuan verbal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item