PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP SWSATA METHODIST 6 MEDAN

Sahara (2017) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP SWSATA METHODIST 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 Judul.pdf]
Preview
Text
1 Judul.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3 Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 6 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 8 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 9 Bab I.pdf]
Preview
Text
9 Bab I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 13 Bab V.pdf]
Preview
Text
13 Bab V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 14 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menemukan pengaruh media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist 6 Medan. Populasi terdiri atas 3 (tiga) kelas yang terdiri atas 121siswa. Sampel penelitian terdiri atas 2 (dua) kelas yang masing-masing terdiri atas 40 siswa dan 41 siswa. Salah satu kelas diajar dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer dan yang lainnya diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual. Perhitungan validitas tes (rhitung) antara 0,369 – 0,738 dimana rhitung ˃ rtabel yakni 0,312 pada taraf signifikan α = 0,05 dan berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa tes hasil belajar bahasa Inggris valid. Reliabilitas tes sebesar 0,945 yang berarti bahwa tes reliabel untuk digunakan dan berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa tes hasil belajar bahasa Inggris memiliki reliabilitas yang termasuk kategori sangat tinggi.. Analisis data menggunakan Anava dua jalur untuk menunjukkan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar bahasa Inggris dan tidak dilakukan uji lanjut lagi karena tidak terdapat interaksi (AB) antara pemanfaatan media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung media pembelajaran (A) dan kemampuan berpikir kreatif (B) lebih tinggi dari Ftabel dimana Fhitung (A) = 6,2359 > Ftabel = 4,07; Fhitung (B) = 19,5811 > Ftabel = 4,07; sedangkan Fhitung (AB) = 2,3514 < Ftabel = 4,07. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir tetapi media pembelajaran dan kemampuan berpikir secara signifikan mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris. Media pembelajaran berbasis komputer lebih efektif digunakan pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan media pembelajaran berbasis audio visual lebih efektif pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi. Disarankan agar menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakterikstik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.651 Sah p
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis komputer; Audio visual; Berpikir kreatif; Pemahaman membaca bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:28
Last Modified: 31 Jul 2017 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

View Item
View Item