PENGARUH PERMAINAN ALAT MUSIK PERKUSI TERHADAP PERSEPSI BUNYI PADA ANAK KELOMPOK B

Lestari, Setiani Dewi (2017) PENGARUH PERMAINAN ALAT MUSIK PERKUSI TERHADAP PERSEPSI BUNYI PADA ANAK KELOMPOK B. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 1122113008 SETIANI DEWI LESTARI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh permainan alat musik perkusi terhadap persepsi bunyi irama pada anak kelompok B TK PERWANIS? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan alat musik perkusi terhadap persepsi bunyi irama pada anak kelompok B TK PERWANIS MEDAN. Jenis penelitian ini adalah penelitian post test dan control design. Populasi dalam penelitian adalah dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu seluruh B1 dan B2 yang berjumlah 30 orang. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel setiap kelas masing-masing sebanyak 15 anak. Instrumen pengumpulan data dalam sampel ini adalah pedoman observasi, dan penggunaan analisis data menggunakan uji-t, pada saat mengobservasi. Penggobservasian menggunakan pedoman observasi yang telah ditentukan yaitu taraf nyata a = 0,05. Berdasarkan hasil analisis observasi yang telah dilakukan maka rata-rata nilai pada kelas eksperimen 2,7 dengan nilai tertinggi 18 dan niali terendah 14. Sehingga persepsi bunyi irama anak dengan menggunakan alat musik perkusi pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan, sedangkan nilai observasi rata-rata pada kelas control 1,017 dengan nilai tertinggi 9dan terendah 5. Sehingga perkembangan perbedaan yang signifikan, berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran dengan bernyanyi sambil bertepuk-tepuk tangan berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi bunyi irama anak yaitu dari hasil hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 59,7399 > 1,70113 pada taraf a =0,05. Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan alat musik perkusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap persepsi bunyi irama anak dibanding dengan kelas kontrol dengan bernyanyi sambil bertepuk tangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Aman196107231987031002
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: SK-2017 PAUD 067
Keywords: Permainan Alat Musik Perkusi; Persepsi Bunyi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25020

Actions (login required)

View Item View Item