PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rangkuti, Syahrul Yusuf (2017) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123311085 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123311085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123311085 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123311085 PREFACE.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6123311085 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123311085 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123311085 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123311085 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123311085 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123311085 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123311085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing Permainan Sepak Bola Menggunakan Media Audiovisual dan Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa KelasVIII SMP Al-Washliyah 8 Medan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 36 siswa, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar ( pre-test ) sebelum melakukan passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan modifikasi alat pembelajaran dan kemudian dilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data: (1) dari hasil pre-test di peroleh 5 orang siswa(13,89%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 31 orang siswa (86,11%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 59,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual dan modifikasi alat pembelajaran. (2) dari hasil belajar pada siklus I diperoleh 20 orang siswa (55,56%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (44,44%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 71,52. Kemudian dilakukan evaluasi dan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II, (3) dari hasil pembelajaran pada siklus II diperoleh 31 orang siswa ( 86,11% ) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa ( 13,89% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata 82,17 (4) pada hasil pre-test terdapat 13,88% (5 siswa) yang tuntas dalam belajar, pada hasil pembelajaran siklus I terdapat 55,56% (26 siswa ) yang tuntas dalam pembelajaran,dan pada tes hasil belajar pada siklus II terdapat 86,11% (31 siswa) yang mencapai ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pre-test terhadap hasil belajar siklus I sebanyak 41,68%, dan pada pembelajaran siklus II meningkat menjadi 30,55%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa penggunaan media audiovisual dan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola kaki bagian dalam pada siswa kelasVIII SMP Al-Washliyah 8 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuprayitno, 197707212005011001
Call Number: SK-2017 PJKR 090
Keywords: Pendidikan jasmani; Sepak bola; Media audio visual; Modifikasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item