PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA SISWA KELAS XI SMA SWASTA ST. THOMAS 2 MEDAN

Sinaga, Amran Jahot (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA SISWA KELAS XI SMA SWASTA ST. THOMAS 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126122004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126122004 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126122004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126122004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126122004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126122004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126122004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126122004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126122004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126122004 TABLES.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126122004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126122004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126122004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126122004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126122004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126122004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126122004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126122004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Agama antar kelompok belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT (2) hasil belajar Pendidikan Agama antara kelompok siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan locus of control terhadap hasil belajar Pendidikan Agama. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Swasta St. Thomas 2 Medan kelas XI Semester Ganjil tahun akademik 2016/2017 terhadap hasil belajar Agama. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan gaya belajar siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok masing masing terdiri dari 46 untuk eksperimen pertama dan 42 orang untuk kelompok eksperimen kedua. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Sccheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Pendidikan Agama peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran TGT dan NHT. Taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,62 dan Ftabel = 3,96 jadi = 6,62 > 3,96. Hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang hasil belajar Pendidikan Agama peserta didik yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dan locus of control eksternal pada taraf signifikansiα=0,05dengan sebesar 35,42 dan Ftabel = 3,96 jadi Fhitung >Ftabel = 35,42 > 3,96 maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata hasil belajar Agama siswa untuk setiap kelompok pembelajaran sedangkan Dan harga sehingga dapat dinyatakan (14,57) > (3,98), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian semakin baik strategi pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, maka semakin tinggi kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa, atau semakin baik locus of control siswa dengan strategi pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan locus of control akan memberikan dampak positif dalam hasil belajar siswa. Akan tetapi pengaruh strategi pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan locus of control.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.84 Sin p
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Pendidikan agama katolik; Strategi pembelajaran; Locus of control
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BM Judaism
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2017 16:08
Last Modified: 24 Jul 2017 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item
View Item