nilai tujuan peserta bermain keterampilan pemilihan unggul tinggi memperhatikan berikut berlangsung terhadap bahwa situasi tidak ketika adalah materi kemampuan sendiri untuk beda positif kecerdasan karakteristik siswa meningkatkan begitu bijak tercapai memilih kondisi peneliti kekuatan hasil rata pelajaran daripada dapat memiliki dalam menerapkan kelemahan diperoleh diharapkan maka sehingga berani pembelajaran BAB aktifita haru tepat dimiliki praktik didik selain berbeda antara dikela bermusik optimi realisti ini yakin mengetahui menunjukkan baru hal lain memainkan demikian diperhatikan berpikir SIMPULAN diri tentang interaksi dilakukan sesuai implikasi karena disarankan dikemukakan pada simpulan agar menindaklanjuti diajarkan pengetahuan SARAN inovasi dan menekankan IMPLIKASI seni kepada musik dengan musikal akan saran atau yang beberapa pemahaman lebih guru faktor penelitian latihan sebagai sebab menguasai demonstrasi lainnya dari terdapat semua didepan DAN telah umum maksimal metode juga rendah lingkungan rasa berdasarkan diaplikasikan jika