PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF TERHADAP LEMPAR TANGKAP BOLA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS 5 SDLB NEGERI 057704 KWALA BINGAI STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Irsandi, Fery (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF TERHADAP LEMPAR TANGKAP BOLA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS 5 SDLB NEGERI 057704 KWALA BINGAI STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Gerak Dasar Manipulatif Melalui Permainan Terhadap Lempar Tangkap Bola Untuk Anak Tuna Grahita Kelas 5 SDLB Negeri 057704 Kuala Bingai Stabat Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Negeri 057704 Kwala Bingai. Subjek dalam peneiltian ini adalah siswa kelas 5 SDLB negeri 057704 Kwala Bingai yang berjumlah 10 siswa Hasil analisis data yang diperoleh adanya peningkatan gerak manipulatif lempar dan tangkap siswa dilihat dari nilai pretes dan postes. Pada pretes melempar terdapat 4 anak yang memiliki nilai rendah yaitu 4-5 (40%) dan nilai pretes menangkap terdapat 6 siswa (60%) yang memiliki nilai rendah yaitu 4-5 dan nilai tertinggi pretes melempar 7 sebanyak 2 siswa (20%) dan nilai tertinggi menangkap 7 sebanyak 1 siswa (10%). Sedangkan pada postes terdapat peningkatan pada masing-masing siswa, yaitu nilai terendah melempar dengan nilai 6 sebanyak 2 siswa (20%) dan menangkap nilai terendah 6 sebanyak 4 siswa (40%). Dan nilai tertinggi melempar 7-8 sebanyak 8 siswa (80%) menangkap 7-8 sebanyak 6 siswa (60%). Dari hasil perhitungan data postes dan pretes hasil lemparan diperoleh =37,735 dari daftar distribusi t dengan menggunakan peluang 1-1/2α =0,975 dengan dk (n-1) =9 diperoleh (37,735> 0,975) dengan α=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil perhitungandata postes dan pretes hasil menangkap diperoleh =5,66 dari daftar distribusi t dengan menggunakan peluang 1-1/2α =0,975 dengan dk (n-1) =9 diperoleh (5,66> 0,975) dengan α=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran gerak dasar manipulatif melalui permainan dapat meningkatkan lempar tangkap bola pada anak tuna grahita kelas 5 SDLB Negeri 057704 Kwala Bingai Stabat Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugrahadi, Tarsyad196504141990031001
Thesis advisor-, --
Call Number: SK-2017 PJKR 083
Keywords: -Melempar Bola;Menangkap Bola;Hipotesis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2017 13:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24940

Actions (login required)

View Item View Item