UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR AKTIFITAS RITMIK DENGAN GAYA MENGAJAR LATIHAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA SMP SWASTA PEMBENGUNAN GALANG TAHUN 2017

Sihombing, Erik (2017) UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR AKTIFITAS RITMIK DENGAN GAYA MENGAJAR LATIHAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA SMP SWASTA PEMBENGUNAN GALANG TAHUN 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aktivitas ritmik dengan rangkaian gerak dasar menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP pembangunan galang Tahun 2017.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Yang terdiri dari 2 siklus. Dengan menggunakan Media Audio Visual, dan dengan Metode latihan yang dimana siswa lebih aktif dalam pelaksanaan senam ritmik.
Subjek adalah siswa kelas VIII-C dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen penelitian alat pengumpul data yang digunakan dalam tes ini adalah penilaian hasil belajar gerak dasar senam ritmik, lembar penilaian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dengan rata-rata dan persentase.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siklus I diperoleh 16 siswa (50%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 16 siswa (50%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 63,33%. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 28 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,5%) belum memenuhi ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh meningkat mencapai 84,52%.
Dari penelitian diatas menunjukkan adanya peningkatan pada pembelajaran melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Aktivitas Ritmik dari 63,33% pada siklus I dan meningkat pada siklus II yaitu 87,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 085
Keywords: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR,RANGKAIAN GERAK DASAR, MEDIA AUDIO VISUAL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2017 13:50
Last Modified: 17 Apr 2018 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24938

Actions (login required)

View Item
View Item