PERAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PATRIOTISME SISWA DI SMA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tambunan, Dewanti Regina (2017) PERAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PATRIOTISME SISWA DI SMA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133111014 COVER.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133111014 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133111014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133111014 NIM. BAB I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133111014 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam pembenbentukan sikap patriotisme siswa di SMA HKBP Sidorame Medan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan secara detail fakta-fakta secara apa adanya dengan berdasarkan penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 115 siswa dari lima kelas sampel dalam penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode random sampling yaitu 25% pengambilan responden dengan cara acak yang berjumlah 29 orang. Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan table frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA HKBP Sidorame Medan, dapat disimpulkan bahwa (90%) responden menjawab mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah menunjukkan peran dalam pembentuk sikap patriotism siswa di SMA HKBP Sidorame Medan yakni dengan adanya pemahaman siswa akan pentingnya sikap mencintai dan mengetahui lagu-lagu wajib kebangsaan Indonesia, mengetahui bahwa upacara bendera wajib dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, pentingnya siskap menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan dengan semangat belajar dengan tekun, menyadari peran siswa dalam menjaga lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal, bangga menjadi bangsa Indonesia yang multikultural, mampu menumbuhkan siskap dan moral berperilaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: SK-2017 PKN 066
Keywords: Peran , Pendidikan Kewarganegaraan,Patriotisme
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2017 10:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24932

Actions (login required)

View Item View Item