PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUTHENTIC LEARNING DAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X-AP SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Samosir, Eskaida (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUTHENTIC LEARNING DAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X-AP SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141022 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141022 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133141022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kearsipan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran authentic learning dengan listening team. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random Sampling dengan mengambil sampel secara acak yaitu kelas X Adm Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X Adm perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda 20 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran authentic learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran listening team. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 30,2 dan nilai rata-rata post-test adalah 79,4 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 37,2 dan nilai rata-rata post-test adalah 69. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 61,96% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 46,09%. Hasil uji t diperoleh thitung 4,062 dan ttabel 1,676, sehingga hipotesis yang berbunyi hasil belajar kearsipan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran authentic learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran listening team.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMutmainnah, Sri19690116 199303 2 002
Call Number: SK-2017 ADP 022
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Authentic Learning
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24859

Actions (login required)

View Item View Item