nilai diterima classe universita validity berbentuk hutabarat peningkatan thanexplicit average experiment sample kearsipan ttabel problem perhitungan there tinggi mutiple sedangkan people outcome education amount smk state show seluruh terhadap bahwa explicit percentage value terdiri validitasnya ekonomi masalah adalah berjumlah result keyword student rendahnya untuk jawaban against deviation analysi tersebut diuji learning medan research between ata siswa uji program all taraf populasi hasil rata disimpulkan pelajaran intrumen dapat dalam using multiple diperoleh sampel maka university higher ABSTRACT 2017 significant pembelajaran itu obtained totaling kata concluded objektif studi choice digunakan office kela level selain pilihan ABSTRAK done ini berganda analisi consisting calculation 7133341100 experimental standar II mengetahui tested subject menunjukkan used pengaruh system ada model persentase addition hence study classroom 152 influence consisted population test thitung dilakukan deviasi administration increase question pada soal skripsi clas collect administrative low answer while 629 based pendidikan AP accepted perkantoran negeri dan than determine department kunci 921 economic tcount junesti dengan data jurusan orang menggunakan hipotesi out yang difference ttable instrument 668 688 lebih perbedaan signifikan penelitian whether SMK belajar use apakah filling 2016 two NIM administrasi PBL dari mata aim bertujuan telah testing metode pengujian find eksperimen method year standard sebesar instruction hypothesi te mengumpulkan