PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS SMAN 1 LAGUBOTI T.P 2016/2017

Sibarani, Erwin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS SMAN 1 LAGUBOTI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133142014 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133142014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133142014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133142014 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133142014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133142014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133142014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7133142014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two pada Siswa Kelas XI- IS 3 SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti yang beralamat di jalan sekolah no 3 Laguboti Kabupaten Tobasa pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI- IS 3 SMA Negeri 1 Laguboti dengan jumlah siswa 42 orang dan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tes diberikan kepada 42 siswa hasil belajar yang tuntas 21 siswa (50%), sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu hasil belajar yang tuntas 37 siswa (88.09%) jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38.09%. Yang berarti penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran The Power Of Two dapat menigkatkan hasil belajar akuntansi dengan materi pokok menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IS 3 SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/2017.Signifikan hasil belajar diuji dengan uji statistic atau uji-t, dimana bilangan thitung > ttabel yaitu 6.47 > 2.01, dengan dk = n-1 yaitu dk = 41 pada α = 0.05. dengan kata lain Ha = X > Y diterima dan H0 ditolak, maka peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada postest siklus I dengan postest siklus II adalah signifikan. Dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran Pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IS SMA Negeri 1 Laguboti Semester Genap Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: SK-2017 AKT 051
Keywords: Model pembelajaran; Explicit instruction; Strategi the power of two; Hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24845

Actions (login required)

View Item View Item