HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PELATIHAN PEKERTI DAN TINGKAT PENDIDIKAN DOSEN DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR DOSEN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Siregar, Suriati (2008) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PELATIHAN PEKERTI DAN TINGKAT PENDIDIKAN DOSEN DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR DOSEN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 015020085 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 015020085 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 015020085 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 015020085 - Bab I.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 015020085 - Bab V.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 015020085 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan patisipasipelatihan PEKERTI dengan kemampuan mengajar dosen, mengetahuihubungan tingkat pendidikan dosen dengan kemampuan mengajar dosen,mengetahui hubungan partisipasi pelatihan PEKERTI dan tingkat pendidikandosen dengan kemampuan mengajar dosen.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitiandeskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang yangberasal dari 556 orang populasi dosen di UNIMED yang diambil denganmenggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulandata kuiseoner dan lembar observasi yang telah diujicobakan terlebih dahuluuntuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Kuiseoner digunakan untukmendapatkan data tentang tingkat pendidikan dan partisipasi pelatihanPEKERTI sedangkan lembar observasi digunakan untuk mendapatkan datatentang kemampuan mengajar dosen. Teknik analisis data adalah analisisstatistik deskriptif untuk menyajikan data Ian statistik inferensial untukmenguji hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik korelasi sederhanadan ganda yang dilanjutkan menggukanan uji t untuk uji signifikansinya padataraf α= 0,05.Temuan Penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif yangsignifikan partisipasi pelatihan PEKERTI dengan kemampuan mengajardosen melalui koefisien korelasi sebesar 0,559; (2) Terdapat hubungan positifyang signifikan tingkat pendidikan dosen dengan kemampuan mengajar dosenmelalui koefisien korelasi sebesar 0,585; (3) terdapat hubungan yang positifantara partisipasi pelatihan PEKERTI dan tingkat pendidikan dengankemampuan mengajar dosen, melalui koefisien korelasi ganda Ry.12 =-- 0,905.Koefisien determinasi menunjukan basil 0,819, hal ini berarti 81,9% variasiyang mempengaruhi kemampuan mengajar dosen dapat dijelaskan olehpartisipasi pelatihan PEKERTI dan tingkat pendidikan dosen. Berdasarkantemuan dalam penelitian ini, maka dosen terutama dosen muda untuk terusaktif dalam mengikuti pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkankemampuan mengajar serta selalu berupaya untuk meningkatkan kualifikasipendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, JulagaUNSPECIFIED
Thesis advisorSiman, UNSPECIFIED
Call Number: 378.11 Sir h
Keywords: Pelatihan; Pekerti; Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item