PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN

Reski, Zusla (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7131142049 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7131142049 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7131142049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7131142049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7131142049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7131142049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7131142049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7131142049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7131142049 BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7131142049 BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7131142049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning menggunakan lembar kerja lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional menggunakan lembar kerja di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Panyabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan yang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 28 dan 79,71. Kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 22,28 dan 58,85. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 14,26 dan ttabel = 1,686. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka disimpulkan thitung > ttabel yaitu 14,26 > 1,686. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning menggunakan lembar kerja lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional menggunakan lembar kerja dikelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2017 AKT 054
Keywords: Problem Centered Learning; Lembar Kerja Siswa; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 09:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24835

Actions (login required)

View Item View Item