PERBEDAAN PENERAPAN METODE BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DENGAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELITUA

Putri, Meilisa (2017) PERBEDAAN PENERAPAN METODE BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DENGAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
01. COVER MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
09. BAB I MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
13. BAB V MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA MEILISA PUTRI (NIM. 1133311108).pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, siswa kurang dapat mengoptimalkan kemampuan mereka dalam memecahkan permasalahan dan beberapa siswa dalam mata pelajaran IPA nilainya masih dibawah KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode belajar tuntas (mastery learning) dan metode penemuan (discovery) pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan metode eksperimental. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 104214 Delitua. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan adapun penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak (random) dengan jumlah populasi empat kelas sebanyak 152 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut, maka sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-1 dan V-2 sebanyak 76 siswa. Dalam hal ini siswa kelas V-1 menjadi kelas eksperimen sebanyak 38 siswa dan kelas V-2 menjadi kelas kontrol sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes dengan soal pilihan berganda. Hasil belajar yang menggunakan metode belajar tuntas (mastery learning) pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dikelas V SDN 104214 Delitua dengan nilai rata-rata sebesar 90,35 dan Standar Deviasi sebesar 8,30. Hasil belajar yang menggunakan metode penemuan (discovery) pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dikelas V SDN 104214 Delitua dengan nilai rata-rata sebesar 84,56 dan Standar Deviasi sebesar 7,92. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dilihat dari nilai rata-rata peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 11,76 sementara nilai rata-rata peningkatan pada kelas kontrol sebesar 10,89. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi ɑ=0,05 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji t data selisih posttest-pretest diperoleh thitung = 3,95 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (3,95 > 1,67), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya yang diajar dengan metode belajar tuntas (mastery learning) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode penemuan (discovery).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 198
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Mastery Learning; Discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 09:19
Last Modified: 12 Jul 2017 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item
View Item