EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sidabutar, Josua Leonardo (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 2123111038 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 2123111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 2123111038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 2123111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 2123111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 2123111038 TABLES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 2123111038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 2123111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam menulis teks anekdot. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 299 siswa Kelas X SMA Dharmawangsa Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 66, standar deviasi = 7,89, Sedangkan nilai rata-rata post test = 75,7, standar deviasi 8,52. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t_0 sebesar 7,07 selanjutnya t_0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk= (n-1) maka t_tabel = 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan t_0 dengan t_tabel maka t_o>t_(tabel ) yakni (4.51 > 2.04)maka hipotesis nihil (H_0) ditolak dan hipotesis alterrnatif (H_a) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) efektif diterapkan dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: SK-2017 IND 051
Keywords: Model pembelajaran; Menulis teks; Anekdot
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24786

Actions (login required)

View Item View Item