PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP NEGERI 1 STABAT

Rudianto, (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 055020343 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 055020343 Abstrak.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 055020343 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 055020343 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 055020343 - Bab V.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 055020343 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi pada siswa dan strategi pembelajaran berorientasi pada guru, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa bahasa Indonesia yang memiliki kemampuan berpikir verbal tinggi dan kemampuan berpikir verbal rendah, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir verbal dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang berasal dari 5 kelas VIII (delapan) SMP Negeri 1 Stabat. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemampuan berpikir verbal untuk membedakan jenis kemampuan berpikir verbal yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 30 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji nonnalitas dengan uji Liffiefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berorientasi pada siswa lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berorientasi pada guru. Hal ini ditunjukkan oleh Fhjg = 118,66 > Ftabej = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76). (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir verbal tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Indonesia yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir verbal rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhjg = 20,04 > Ftabej = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir verbal dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 53,51 > Futhd = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,76).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011982031002
Call Number: 372.028 7 Rud p
Keywords: Berfikir Verbal; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item