UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA PADA SISWA KELAS VIII SMP NUR IHSAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Sidik, Radhi Hibatullah (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA PADA SISWA KELAS VIII SMP NUR IHSAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 081266110083 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 081266110083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 081266110083 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 081266110083 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 081266110083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 081266110083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 081266110083 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 081266110083 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 081266110083 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 081266110083 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 081266110083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lari sprint pada siswa kelas VIII Semester II tahun ajaran 2014/2015 SMP Nur Ihsan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar variasi pembelajaran tenis meja terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi lari sprint. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa hasil belajar lari sprint dengan penggunaan media sederhana pada siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan : 1) pada siklus I dari 27 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 15 orang siswa (55,55%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa (44,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 66,95. 2) pada siklus II ternyata 23 orang siswa (85,18%) sudah memiliki ketuntasan belajar sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (14,8%) belum memilliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 74,67. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan “melalui pendekatan saintifik dengan penggunaan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan Tahun Ajaran 2014/2015”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDamanik, Suryadi196712241993031002
Call Number: SK-2015 PJKR 019
Keywords: Pendidikan jasmani; Lari sprint; Hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Jun 2017 08:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24669

Actions (login required)

View Item View Item