nilai tanpa penuh tujuan meja belakang sudah merasa latar masukan serta mencakup peserta bermain peningkatan keterampilan bola jenuh pusat penjelasan kenyataan pemilihan hapalan segenap kaki setelah suasana dicapai popular sasaran sedangkan dirumuskan paling penggemarnya melaksanakan kedewasaan peluru kurikulum antusia terlihat maupun mulia bentuk seluruh 1991 masalahnya berikut berlangsung teknik bahwa kriteria potensi tidak stance suatu terutama tentunya disampaikan dinding diantaranya evaluasi fakta seperti kusmaedi push secara ceramah swasta bagu kegiatan adapun berpasangan pengajaran masalah sepak prasarananya adalah materi teni manfaat belum tangki tanggung rendahnya kemampuan sendiri disekolah pengembangan unimed untuk mengatakan terkait masyarakat penyebab apa non perkembangan mempertega lapangan kecerdasan besar tersebut anak penyampaian bulu survey teori komando saipul kepala siswa meningkatkan rumusan akibatnya uraian berdiri khususnya keberanian individu tentu wahana bahan jasmani tercapai taraf peraturannya memilih peneliti SE kekuatan 2010 pengertian membawa grip merupakan usaha bahri berbagai tahun berperan mencapai hasil rata konvensional sikap bagaimanakah pelajaran diktat dikarenakan mempengaruhi manusia dapat olahraganya prose mengatasi memiliki yaitu dalam informasi meliputi sejak kebutuhannya diperlukan luang cakram pemain menerapkan anggota mendapat pelatih diharapkan cerda memberikan melalui mengemukakan maka tertentu dibaha titik datang sehingga mencatat informal foot mendemonstrasikan sekolah bukti gaya saja pembelajaran waktu memperoleh bertanggung olah itu ruang pembentukan pertanyaan BAB haru pikir voli studi kec kabupaten rangka tertarik mengelola ciri terjadi tepat dimiliki sampai dasar didik kela KKM luasnya kurang bisa selain bidang mengembangkan 2015 lingkungannya antara seseorang ini media konsultasi kebebasan dikenalkan adanya diuraikan forehand pelaksanaan bagi ternyata arti kuasa menjadi baik diteliti optimal satu relevan mungkin hal diartikan ada lain identifikasi mengutamakan ditinjau rujukan pengendalian model praktek melakukan diata memukul timbul mengajar berkesinambungan lewat siswi spiritual diri keagamaan berbanding mendengarkan tentang memang sadar interaksi watak didiknya dilakukan meneliti simalungun sesuai ditambah 2014 karena jadi acuan dana variasi pembinaan mengidentifikasi dikemukakan wawasan konkrit kurangnya terencana pada kab persoalan olahraga pribadinya lagi agar kesekolah berkembang dilihat padang mengalami tolak mempertimbangkan prestasi pengetahuan cabang mengikuti membimbing lingkup kemanusiannya damiri penerapan pahamnya hidup aktif dibawah melanjutkan persepsi dimana dilapangan menarik terletak pendidikan selama formal menambah gurulah unit lua bed dan kesulitan menekankan jawab ajaran motorik stroke pukulan pemaparan kepribadian minimal izin ingin sangat menerangkan keterbatasan kepada penja pembina dewasa nasional dengan berpusat meminta perlu bosan tuga orang menggunakan sarana akan utama pembatasan atau terbalik hakiki yang problema mempunyai mengarahkan beberapa work minat mewujudkan apabila pemahaman lebih balik keadaan diberikan harapan hanya bapak service guru banyak penelitian hidupnya latihan mengisi sebagai belajar dini berimba menguasai prasarana observasi dari kompetensi SMP mata memimpin dirinya bertujuan umpan pola pertumbuhan oleh akhlak hambatan PENDAHULUAN pelaksanaannya telah tuna filsafat ujung maksimal metode juga VIII pengamatan rendah permainan memperkaya lingkungan penyelenggaraan cepat sistematik saat obsevasi masuk berorientasi setiap terbata berdasarkan pegangan penuli dasarnya salah menurut ketuntasan misdi rekreasi tingkat