HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM DAN PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KINERJA GURU SMA DI KECAMATAN LUBUK PAKAM

Ginting, Reh Malem (2008) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM DAN PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KINERJA GURU SMA DI KECAMATAN LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 025020120 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 025020120 Abstrak.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 025020120 Daftar isi.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 025020120 Bab I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 025020120 Bab V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 025020120 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan persepsi guru terhadapperubahan kurikulum dengan kinerja guru SMA di Lubuk Pakam, (2) mengetahuihubungan pengalaman mengajar dengan kinerja guru SMA di Lubuk Pakam, (3)mengetahui hubungan persepsi guru terhadap perubahan kurikulum danpengalaman mengajar secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA di LubukPakam.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankuantitatif dengan jenis penelitian korelasional karena melihat hubungan antaravariabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA baiknegeri dan swasta yang ada di Lubuk Pakam pada tahun pelajaran 2007/2008 yangberjumlah 373 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 44 orang yang diambilberdasarkan stratified random sampling. Insimmen pengumpulan data adalahkoesioner dan dokumen. Untuk kinerja guru diukur dengan kuesioner yang diisioleh siswa sedangkan untuk persepsi diukur dengan koesioner yang diisi olehguru serta untuk pengalaman mengajar diukur dengan dokumen sekolah.Instrumen memiliki keterandalan rl = 0,762 untuk instrumen persepsi guruterhadap perubahan kurikulum, r2 = 0,938 untuk instrumen kinerja guru TeluiikAnalisis yang digunakan adalah regresi Tinier dan regresi ganda dan korelasiproduct moment dan korelasi ganda serta korelasi parsial.Temuan penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara persepsi guru terhadap perubahan kurikulum dengan kinerja guru SMA diLubuk Pakam dengan koefisien korelasi 0,784; (2) Terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara pengalaman mengajar dengan kinerja guru SMA diLubuk Pakam dengan koefisien korelasi 0,582; (3) Terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara persepsi guru terhadap perubahan kurikulum danpengalaman mengajar secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA di LubukPakam yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,786.Koefisieri determiriasi mentmjukkan hasil sebesar 0,618. Hal iii berarti 61,8 %variasi kinerja guru SMA di Lubuk Pakam, dapat dijelaskan melalui persepsi guruterhadap perubahan kurikulum dan pengalaman mengajar secara bersama-samasedangkan sisanya sebesar 38,2 % dapat dijelaskan melalui variabel lain. Bentukhubungan persepsi guru terhadap perubahan kurikujum dengan kinerja guru SMAdi Lubuk Pakam. melalui persamaan garis regresi Y = 55,55 + 7,13 X1 dan bentukhubungan pengalaman mengajar dengan kinerja guru SMA di Lubuk Pakammelalui persamaan garis regresi . = 25 + 1,25 X2. Sumbangan efektif persepsiguru terhadap perubahan kurikulum sebesar 57,3 % dan sumbangan efektifpengalaman mengajar 4,6 % terhadap kinerja guru. Berdasarkan temuan dalampenelitian ini, maka guru SMA di Lubuk Pakam perlu mendapatkan pemahamanyang benar tentang perubahan kurikuium melalui dikiat dan pelatihan sehinggamemiliki persepsi yang baik terhadap perubahan kurikulum yang pada akhirnyadapat meningkatkan kinerja guru SMA di Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Call Number: 375.006 Gin h
Keywords: Persepsi Guru; Kurikulum; Kinerja Guru
Subjects: L Education > LA History of education > LA173 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item