PERBAIKAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA MODIFIKASI TONGKAT BERBUNYI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET 4X100 PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2014-2015

Tarigan, Andriatmaja (2015) PERBAIKAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA MODIFIKASI TONGKAT BERBUNYI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET 4X100 PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6103311028 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6103311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6103311028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6103311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6103311028 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6103311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6103311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6103311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6103311028 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6103311028 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6103311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses Hasil Belajar Lari Estafet 4x100 melalui Media Modifikasi Tongkat Berbunyi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tigapanah tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui media modifikasi yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk teknik dasar lari estafet sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media modifikasi (pre test) diperoleh 3 kelompok (33,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 kelompok (66,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 70,56. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media modifikasi. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media modifikasi siklus I diperoleh 6 kelompok (66,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 kelompok (33,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 78,89. Kemudian dilakukan kembali Penerapan media modifikasi. (3) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 8 kelompok (88,89%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 1 kelompok (11,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil siswa adalah 83,33. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,44 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 22,22%. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perbaikan pembelajaran melalui media modifikasi tongkat berbunyi dapat meningkatkan hasil belajar lari estafet 4 x 100 pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugraha, Tarsyad196504141990031001
Call Number: SK-2015 PJS 014
Keywords: Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Lari estafet; Modifikasi; Media pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24655

Actions (login required)

View Item View Item