PENGARUH KONSELING REMAJA STRATEGI SIMBOLIS TEKNIK RITUAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015

Nababan, Dian Juan (2015) PENGARUH KONSELING REMAJA STRATEGI SIMBOLIS TEKNIK RITUAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1113151007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1113151007 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1113151007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1113151007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1113151007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1113151007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1113151007 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1113151007 PREPACE.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1113151007  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1113151007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1113151007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1113151007 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1113151007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1113151007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1113151007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1113151007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1113151007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1113151007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1113151007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1113151007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1113151007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1113151007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Konseling Remaja Strategi Simbolis Teknik Ritual dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 1 Laguboti T.A 2014/ 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Konseling Remaja Strategi Simbolis Teknik Ritual dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 1 Laguboti T.A 2014/ 2015.
Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying kelas VIII yang terdiri dari 5 orang siswa yang mempunyai kepercayaan diri yang rendah, berusia 13-18 tahun yaitu usia matang secara hukum dan menyadari bahwa mereka mempunyai masalah kepercayaan diri yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling remaja strategi simbolis teknik ritual. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling remaja strategi simbolis teknik ritual berpengaruh terhadap kepercayaa diri siswa korban bullying kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,0226 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, kepercayaan diri siswa korban bullying meningkat sesudah mengikuti konseling remaja strategi simbolis teknik ritual pada kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2014/2015, dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 BK 010
Uncontrolled Keywords: Konseling Remaja, Strategi Simbolis Teknik Ritual, Kepercayaan diri, bullying.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:26
Last Modified: 07 Jun 2017 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item
View Item