PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Mukhlis, (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2132111013 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2132111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2132111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2132111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2132111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2132111013 TABLES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2132111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2132111013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2132111013 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2132111013 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2132111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis teks puisi oleh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 315 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 74 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian two group post-test. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak satu kali masing-masing kelas yaitu sesudah pembelajaran dilakukan. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas kontrol 65,9, standar deviasi 8,24, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 dan 63,3 sebanyak 5 orang atau sekitar 15,62 %. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 82,9, standar deviasi 7,39, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 6 orang atau sekitar 18,18%. Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test di dua kelas dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 8,67. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to >ttabel, yakni 8,67> 2,04. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Fitriani197708312008122001
Call Number: Sk-2017 IND 046
Keywords: Pengaruh pendekatan saintifik, menulis teks puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 May 2017 07:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24585

Actions (login required)

View Item View Item