INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DALAM UPAYA MENANAMKAN WAWASAN KEBANGSAAN

Kasih, Indra (2011) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DALAM UPAYA MENANAMKAN WAWASAN KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Olahraga, 6 Jun 2011, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam pendidikan bukan hanya ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Kesuksesan dalam meniti karir hanya ditentukan sekitar 20 persen oleh hard skill dan sisanya 80 persen oleh soft skill. Bahkan orang-orang tersukses di dunia bisa berhasil dikarenakan lebih banyak didukung kemampuan soft skill daripada hard skill. Sementara itu peran lembaga pendidikan atau sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter mencakup (1) mengumpulkan guru, orangtua dan siswa bersama-sama mengidentifikasi dan mendefinisikan unsur-unsur karakter yang mereka ingin tekankan, (2) memberikan pelatihan bagi guru tentang bagaimana mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kehidupan dan budaya sekolah, (3) menjalin kerjasama dengan orang tua dan masyarakat agar siswa dapat mendengar bahwa perilaku karakter itu penting untuk keberhasilan di sekolah dan di kehidupannya, dan (4) memberikan kesempatan kepada kepala sekolah, guru, orangtua dan masyarakat untuk menjadi model prilaku sosial dan moran (US Department Education).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 May 2017 10:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item View Item