MENUJU UJIAN SEKOLAH DALAM KEBIJAKAN OTONOMI PENDIDIKAN

Surbakti, Sabar (2015) MENUJU UJIAN SEKOLAH DALAM KEBIJAKAN OTONOMI PENDIDIKAN. In: Seminar Nasional Keolahragaan, 3 Jun 2015, Jakarta.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

SDM yang berkualitas merupakan kekuatan untuk memasuki dan menggalang kerjasama global yang mensyaratkan keunggulan kompetitif. Sebaliknya pendidikan yang tidak berkualitas dapat menghasilkan SDM yang tidak berkualitas juga sehingga akan banyak menghasilkan masalah-masalah sosial, seperti pengangguran terdidik. Fenomena pengangguran terdidik ini perlu diantisipasi karena cakupannya berdimensi luas, khususnya dalam kaitannya dengan strategi serta kebijakan perekonomian dan pendidikan nasional. Adalah tugas pemerintah untuk membuat sistem pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga kerja terdidik. Karena dalam pandangan masyarakat kebanyakan, pendidikan atau sekolah yang berkualitas adalah pendidikan atau sekolah yang dapat menghasilkan lulusannya mendapatkan pekerjaan. Sementara masalah kualitas pendidikan tidak hanya sebatas pandangan itu saja, juga tidak hanya sebatas ujian negara. Tetapi masih banyak dimensi lain yang saling berkaitan dan mempengaruhi kualitas pendidikan, seperti kurikulum, staf pengajar, media pendidikan, lingkungan. Adapun Ujian Akhir Negara adalah salah satu alat untuk pemantau dan pengendalian mutu pendidikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kebijakan; Ujian akhir; Pendidikan nasional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 May 2017 03:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24554

Actions (login required)

View Item View Item