ANALISIS KESULITAN GURU PAUD DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN KABANJAHE KABUPATEN KARO T.A 2016/2017

Meliala, Noci Randa Melsi Br S. (2017) ANALISIS KESULITAN GURU PAUD DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN KABANJAHE KABUPATEN KARO T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
01. COVER NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 08. BAB I NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
08. BAB I NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
12. BAB V NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA NOCI RANDA M BR S MELIALA (NIM 1133113017).pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dialami guru PAUD dalam kurikulum 2013 khususnya dalam pembelajaran tematik, pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan yang dialami guru PAUD pelaksanaan kurikulum 2013 khususnya dalam pembelajaran tematik, pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Instrumen pengumpulan data dengan wawancara terstruktur. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi kesulitan guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu dalam pembelajaran tematik masih mengalami kesulitan dalam pengembangan Aspek seni karena kurangnya kreativitas guru dalam pembuatan media bervariasi untuk mengembangkan fantasi dan kreativitas dalam membuat suatu karya seni. Sedangkan Ke-5 aspek Yakni Aspek kognitif, Aspek NAM, Aspek sosem, Aspek psikomotorik Aspek bahasa sudah dapat terlihat di tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran. Dalam Pendekatan Saintifik guru masih mengalami kesulitan dalam menyediakan media dalam pembelajaran sesuai dengan tema dan subtema secara nyata, ini terlihat dari penyedian media yang masih berupa gambar-gambar sederhana seperti gambar ayam, ikan, harimau, kucing, pak tani, pohon pisang dan menggunakan buku paket dari sekolah Kurangnya pengetahuan, keterampilan, biaya dan fasilitas sekolah membuat guru mengunakan media seadanya. Dalam Penilaian Autentik umumnya guru sudah mengetahui penilaian autentik mencakup ketiga aspek yakni afektif, kognitif dan psikomotorik. Hanya saja dalam penerapannya guru belum memahami waktu penilaian yang harusnya dilakukan setiap hari setelah pembelajaran selesai. Ini terjadi karena Kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang penilaian holistik yang meliputi penilian ke-3 aspek. Selain itu jumlah anak yang banyak membuat guru lebih memilih melakukan penilaian setiap satu bulan sekali atau bahkan diakhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PAUD 024
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 May 2017 08:16
Last Modified: 09 May 2017 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24546

Actions (login required)

View Item
View Item