UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK

Azizah, Nur (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136172061 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136172061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136172061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136172061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136172061 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136172061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136172061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136172061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa (2) meningkatkan kemandirian belajar siswa (3) mengetahui aktivitas aktif siswa (4) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran (5) menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Nurul Islam Indonesia Medan kelas VIII-2 sebanyak 30 orang. Instrument yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan koneksi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data yang dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri dari 6 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) meningkatnya kemampuan koneksi matematis siswa. (2) meningkatnya kemandirian belajar siswa. (3) Aktifitas aktif siswa meningkat pada siklus II dengan kategori baik. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa lebih baik. Sehingga pembelajaran menggunakan pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa. Pembelajaran dengan pendekatan realistik dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 Azi u
Keywords: Pendekatan realistik; Koneksi matematis; Kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 04:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item