posttest classe universita validity declared peningkatan reabilita bagaimana sample menyelidiki type dianalisi problem share there syarat education homogenita state show purposive seluruh eligible students' operative instrumen teknik better tesi menyelesaikan VII resoning think coefficient metakognisi dinyatakan proces terdiri normalita adalah memenuhi result keyword student kemampuan wa untuk improvement terkait jawaban analysi tersebut indikator learning medan research ability siswa uji koefisien program mengambil pascasarjana all taraf populasi merupakan control hasil konvensional content metacognition adakah prose yaitu design dalam mathematic diperoleh mendapat sampel diajar melalui university desain homogeneity ABSTRACT 2017 significant pembelajaran kontrol obtained kata post studi hasanah digunakan kela validita level kooperatif antara analyzed ABSTRAK ini analisi questionnaire terlebih pre experimental matematika conventional normality baik tested menunjukkan used model different dibandingkan study matemati consisted population test how dilakukan pada postgraduated sampling clas diajarkan ha achieved dua answer through reliability take based thesi pendidikan abilitie SMPN group sebanyak negeri dan than determine kunci dahulu komunikasi dengan data yang instrument indicator lebih solving sebelum conducted perbedaan signifikan tipe penelitian use apakah communication mathematical two dari technique SMP terdapat convensional aim bertujuan tercapainya telah testing eksperimen any pair before soniatul berdasarkan first te