PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI SMPN 5 MEDAN

Hasanah, Soniatul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI SMPN 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146172064 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146172064 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146172064 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146172064 PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146172064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146172064 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146172064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146172064 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8146172064 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146172064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) Apakah terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, (2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, (3) Adakah perbedaan kemampuan metakognisi dan kemampuan komunikasi matematis antara yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan konvensional, (4) Bagaimana proses jawaban siswa terkait kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test control group design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan mengambil sampel dua kelas. (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan metakognisi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan koefisien reabilitas. Data dianalisis dengan Uji-t. Sebelum digunakan Uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (3) Terdapat perbedaan kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan konvensional (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan jawaban melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share menunjukkan tercapainya indikator yang lebih baik dibandingkan pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Call Number: 510.071 Has p
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share; Kemampuan metakognisi; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 04:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item View Item