posttest universita pematangsiantar terhada peningkatan recieved seen sample RME problem there PURBA sedangkan education state terlihat attitude terhadap bahwa wheraa better diilih regression guided tesi pemecahan obtaned kemudian secara konstanta proces masalah adalah penyelesaian result keyword student kemampuan wa untuk constant improvement jawaban given positif analysi besar learning medan research between kovarian siswa 276 program regresi positive LIHARDO persamaan populasi merupakan control hasil pattern sikap prose yaitu design mathematic using mendapat sampel diajar melalui university ANACOVA desain ABSTRACT 2017 equation pembelajaran 908 obtained kata post studi SMA problemof kela who realistik berbasi graduate antara ABSTRAK done ini analisi experimental pasca matematika mengetahui baik menunjukkan hal peroleh diberi model dibandingkan matemati PBM population acak dilakukan semi clas dua answer based thesi pendidikan abilitie PMR group prete negeri dan greater HARRY danhasil than HARRI kunci discovery komunikasi darisiswayang sarjana dengan teladan data answering showed yang difference lebih solving perbedaan penelitian quasi 962 covariance eksperimental count PBL dari terdapat aim bertujuan realistic forward pendekatan eksperimen f_table pretest