PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERVIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DI UNIMED

Rianti, Endang (2017) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERVIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DI UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146174008. COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146174008. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146174008. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146174008. PREFACE.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146174008. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146174008. TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146174008. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146174008. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.8146174008. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8146174008. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8146174008. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media powerpoint bervideo berbasis kontekstual; dan (2) Mengetahui tanggapan dosen pengampu dan mahasiswa terhadap media powerpoint bervideo berbasis kontekstual yang dikembangkan pada mata kuliah mikrobiologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model Borg & Gall, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap merumuskan tujuan instruksional, tahap merancang media pembelajaran, tahap validasi produk, tahap uji coba produk, dan tahap revisi. Penelitian pengembangan ini akan menghasilkan suatu produk media PowerPoint bervideo berbasis pendekatan kontekstual pada mata kuliah mikrobiologi. Data tentang kualitas produk pengembangan ini didapatkan dengan kuesioner atau angket yang diberikan kepada dosen dan mahasiswa, kemudian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi berada pada kriteria sangat baik (87%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (91%), (3) penilaian dosen pengampu mata kuliah berada pada kriteria sangat baik (94%), (4) uji coba mahasiswa perorangan berada pada kriteria menarik (80%), (5) uji coba mahasiswa kelompok kecil berada pada kriteria sangat menarik (81%), dan (6) uji coba mahasiswa kelompok terbatas berada pada kriteria sangat menarik (83%).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 579.071 1 Ria p
Keywords: Pengembangan media; Mikrobiologi; Powerpoint bervideo
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 May 2017 09:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24477

Actions (login required)

View Item View Item