PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Tarigan, Fana Natalia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5123342011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5123342011 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5123342011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5123342011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5123342011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5123342011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5123342011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5123342011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5123342011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5123342011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5123342011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5123342011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5123342011 TABLES .pdf]
Preview
Text
7. NIM 5123342011 TABLES .pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5123342011 LIST OF BAGAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5123342011 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5123342011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5123342011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5123342011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5123342011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5123342011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5123342011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

(1) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Gizi dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. (2) Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Gizi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) terhadap hasil belajar Ilmu Gizi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian postes. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) (X), dan hasil belajar Gizi dan Sumber Vitamin (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) diperoleh hasil uji kecenderungan tinggi sebesar 60%, cukup 40%, dengan rata-rata hitung sebesar 30,83 dan standar deviasi 2,66. Dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh hasil uji kecenderungan tinggi 10%, cukup sebesar 90%, dengan rata-rata hitung sebesar 27,83 dan standar deviasi 3,17. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel (2,05 >1,703), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) terhadap hasil belajar Gizi dan Sumber Vitamin kelas X SMK Negeri 3 Pematang siantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BOGA 031
Uncontrolled Keywords: Pengaruh model pembelajaran AIR (auditory, intellectually, repetition); Hasil belajar gizi; Sumber vitamin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2017 08:16
Last Modified: 02 May 2017 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24432

Actions (login required)

View Item
View Item