Tarigan, Fana Natalia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123342011 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 5123342011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. NIM 5123342011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 5123342011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 5123342011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 5123342011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 5123342011 TABLES .pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5123342011 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 5123342011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
13. NIM 5123342011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 5123342011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
(1) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Gizi dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. (2) Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Gizi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) terhadap hasil belajar Ilmu Gizi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian postes. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) (X), dan hasil belajar Gizi dan Sumber Vitamin (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) diperoleh hasil uji kecenderungan tinggi sebesar 60%, cukup 40%, dengan rata-rata hitung sebesar 30,83 dan standar deviasi 2,66. Dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh hasil uji kecenderungan tinggi 10%, cukup sebesar 90%, dengan rata-rata hitung sebesar 27,83 dan standar deviasi 3,17. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel (2,05 >1,703), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) terhadap hasil belajar Gizi dan Sumber Vitamin kelas X SMK Negeri 3 Pematang siantar.