PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2016/2017

Hutauruk, Sanggam Mangappu (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113121039 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113121039 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113121039 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113121039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113121039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113121039 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113121039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113121039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113121039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113121039 BIBLIOBRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran gambar teknik melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program KeahlianTeknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Bandung 2, yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan dengan 2 pertemuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.Berdasarkan nilai hasil belajar, nilai siswa meningkat disetiap tes.Nilai rata-rata pree test adalah 49,28 di siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 77,14 dan di siklus II nilai rata-rata hasilbelajaradalah 86,78. Berdasarkan lembar observasi ditemukan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. . Penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan nilai belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X SMK Swasta Bandung 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: SK-2017 MES 054
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Aktivitas siswa; Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2017 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24426

Actions (login required)

View Item View Item