PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sachmud, Asfar Akmaly (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103311002 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103311002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103311002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103311002 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103311002 APPENDIECES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5103311002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103311002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Medan yang belum optimal. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Koefisien Korelasi dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Butir tes dikatakan valid apabila rpbis > rtabel pada taraf signifikan 5% atau sama dengan (0,404), sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Dengan menerapkan Model Pembelajaran TTW pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat dimana rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 71% dengan persentase peningkatan sebesar 16%. Dari hasil tindakan yang dilakukan didapat rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran TTW mengalami peningkatan, dimana dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69% dan pada siklus II menjadi 84,7% dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,7 %. Dari uraian tersebut berarti bahwa Penerapan Model Pembelajaran TTW meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sorgang19511203976031001
Call Number: SK-2017 BAN 034
Keywords: Model pembelajaran think talk write; Penelitian tindakan kelas; Ilmu statika dan tegangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2017 07:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24423

Actions (login required)

View Item View Item