PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI

Fernanda, M. Billy (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.-NIM.-5113111022-COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.-NIM.-5113111022-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.-NIM.-5113111022-ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.-NIM.-5113111022-PREFACE.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.-NIM.-5113111022-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.-NIM.-5113111022-TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.-NIM.-5113111022-ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.-NIM.-5113111022-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.-NIM.-5113111022-CHAPTER-I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.-NIM.-5113111022-CHAPTER-V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.-NIM.-5113111022-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hasil Belajar penggunaan Media Pembelajaran Visual pada pelajaran Ilmu Bahan Bangunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Binjai, semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKBB 1 dan kelas X TKBB 2 dengan jumlah sampel penelitian untuk media pembelajaran visual sebagai kelas eksperimen terdiri dari 31 siswa dan 33 siswa sebagai kelas kontrol untuk media buku. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebelum penelitian, dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu untuk diujicobakan, dlanjutkan dengan uji validitas, reliabiltas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan diperoleh 24 tes soal valid dari 30 butir soal tes yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,87 termasuk kategori sangat tinggi. Indeks kesukaran terdapat 2 butir soal sukar, 24 butir soal sedang, dan 4 butir soal mudah. Daya pembeda soal terdapat 2 butir soal kategori sangat baik, 14 butir soal kategori baik, 7 butir soal kategori cukup dan 7 butir soal kategori jelek. Pada uji hipotesis diperoleh thitung = 3,469 > ttabel¬ = 1,670 pada taraf signifikan 5%, berarti terima Ha atau Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran visual lebih tinggi (23 soal benar) daripada hasil belajar yang diajarkan dengan media buku (21 soal benar) pelajaran Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK N 2 Binjai. Peningkatan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa yang menggunakan media pembelajaran visual pada siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai lebih tinggi dibandingkan dengan media buku. Dengan demikian media pembelajaran visual lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi guru, siswa, dan pihak sekolah dalam meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat195004111981031002
Call Number: SK-2017 BAN 033
Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Ilmu bahan bangunan; Media power point
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2017 03:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24403

Actions (login required)

View Item View Item