UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DENGAN VARIASI BERMAIN DI YKPC SLB ALPHA OMEGA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017

Pranata, Adi (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DENGAN VARIASI BERMAIN DI YKPC SLB ALPHA OMEGA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 6123111002 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 6123111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 6123111002 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 6123111002 PREVACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 6123111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 6123111002 TABLE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 6123111002 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 6123111002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 6123111002 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor berjalan, berlari, melompat dan meloncat untuk anak tunagrahita sedang dengan variasi bermain di YKPC SLB Alpha Omega Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SLB Alpha Omega Kabanjahe yang berjumlah 8, siswa yang terdiri dari 6 putera dan 2 puteri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan menerapkan variasi bermain. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1). Pada Siklus I, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 3 orang siswa (37,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (62,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata–rata yang diperoleh hanya mencapai 64,06. (2). Pada Siklus II, ternyata 7 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 1 orang siswa (12,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata– rata yang diperoleh hanya mencapai 70,7. Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan variasi bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor anak tunagrahita sedang di YKPC SLB Alpha Omega Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuprayitno, 197707212005011001
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24380

Actions (login required)

View Item View Item