PENGARUH MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA BINA SISWA TAHUN AJARAN 2016/2017

Siregar, Tri Ansella (2017) PENGARUH MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA BINA SISWA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141150 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141150 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141150 PREFACE.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141150 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141150 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141150 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141150 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141150 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141150 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141150 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141150 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa, 2. Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa, 3. Pengaruh minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 53 orang dan sampel sebanyak 53 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan rumus regresi linear berganda, untuk uji hipotesis digunakan rumus parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-f). Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,967 > 1,675) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,03 ≤ 0,05) maka hipotesis 1 diterima. 2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa dengan nilai thitung > ttabel (5,888 > 1,675) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,01 ≤ 0,05) maka hipotesis 2 diterima. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa dengan fhitung > ftabel (103,418 > 4,03) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 (0,00 ≤ 0,05) maka disimpulkan hipotesis 3 diterima. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,805 (80,5%) sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 80,5% dan lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 012
Keywords: Minat baca; Kemampuan berpikir kritis; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24357

Actions (login required)

View Item View Item