PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA SATRIA BINJAI T.A 2016/2017

Ginting, Delvita Agus Sari (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA SATRIA BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123311007 - Cover.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123311007 - Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123311007 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123311007 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123311007 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123311007 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123311007 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 41223311007 -DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123311007 - BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123311007 - BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123311007 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123311007 - RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Swasta Satria Binjai Dengan menerapkan pendekatan Open-Ended. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematika melalui pendekatan Open-Ended. (3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pendekatan Open-Ended. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Satria Binjai T.A 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 65,93 dengan 60,71% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori cukup kritis kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,24 dengan 85,71% dari jumlah siswa memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori cukup kritis. (2) Proses penyelesaian masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,86%. (3) Respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended adalah positif dengan persentase pada siklus I sebesar 83,93 % dan pada siklus II sebesar 92,86 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: SK-2017 MAT 059
Keywords: Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item