hasapi kelompok disebut tanpa peranan tujuan berikutnya belakang ditengah universita sudah merasa religi latar masukan serta bermanfaat mencakup peserta bermain berbentuk sama lakukan lembaga suku mengeluarkan keberhasilan batak bernyanyi bagaimana benda dikaji pembelajarn segala ditetapkan MASALAH dianalisi upacara diselenggarakan sumatera tinggi setelah dicapai vokal sedangkan dirumuskan tersendiri pengarahan syarat nyaman menyatu sumber misi menimbulkan kajian perbandingan aspek asing gereja membantu pendidik anggukkan maupun mengajarkan perubahan ide jarang kemandirian bentuk terlalu masalahnya berikut terhadap instrumen mengamati bahwa teknik situasi horizontal disekitarnya tidak terbagi ronggur suatu tradisionl menyelesaikan terutama vertikal rumah hasilnya sosial bukan bergabung keindahan bermaksud anatara seperti tari katanya secara ingat kegiatan samosir fenomena toba kebudayaan mengangguk berusia pembaharuan ketika masalah adalah 2013 uning materi pintar menemukan tetapi mengalaminya manfaat akhir kemampuan sendiri pengembangan untuk mengatakan masyarakat apa non perkembangan jawaban lingkaran bermartabat mengulangi syair internasional kecerdasan sinaga menuangkan kedua tersebut pengajar judul PERUMUSAN PEMBATASAN anak selanjutnya penyampaian melatih kepala menggambarkan ata siswa meningkatkan uraian program jarak khususnya mengambil doli terarah percaya individu daya bahan nihuta ataupun sumbangan peneitian 2006 PENELITIAN memilih dibantu upaya peneliti suara didalamnya membawa pengertian ritual merupakan pengelompokannya kemahiran bolon berjoget dituntut perilaku tahun mencapai hasil disadari dihadapi sikap pelajaran uningan mempengaruhi manusia dapat prose permasalahannya memiliki yaitu dalam informasi adat sejak berjalan diharapkan memberikan gembira melalui pemanfaatan maka tertentu dibaha komposisi sehingga kapan sabangunan dibatasi MANFAAT permasalahan relative sekolah karya seremonial saja sedang pembelajaran civita waktu pariwisata itu ruang pertanyaan BAB kata menjadikan kuat studi referensi kabupaten rangka tertarik visi perolehan terjadi kendala pencerdasan cakupan digunakan sampai dimiliki nada tradisional didik mengungkapkan ekspresi dihasilkan sariuli arah kemauan selain bidang mengembangkan sebagainya bela berasal keduanya strategi usia emosionalnya teknologi ini media pengalaman diketahui indonesia mereka akibat kematangan hadeli bagi satunya kebutuhan arti mengetahui menjadi baik diteliti jela terbiasa satu hal ada lain mendorong tua yakni identifikasi uli melakukan diata besarnya mengemban mengarah memanfaatkan mengajar dibagi contoh IDENTIFIKASI jantung kontek dibandingkan mahasiswa diri semakin mendengarkan tentang luar dakan interaksi watak yayasan membaha maksudnya dilakukan sesuai mampu sari tuli karena acuan optiman asuh wawasan jeni menelusuri mengajak pada pokok ilmu ketat agar dilihat berkembang desa menghadapi pembaca berdendang pengetahuan mengikuti dua sebuah sambil makhluk hidup budaya dimana bagian membuat pasti menarik identifikasikan pendidikan emosional bakat formal alat menambah sejeni selalu lua dan melestarikan berhubungan unik dunia bersosialisasi ensambel kali mengenai kecamatan membangun mengacu ingin sangat berniat seni kepada tradisi belajara nasional gondang musik jalanan kepercayaan dengan batasan berkaitan perlu BELAKANG tuga kebiasaan dipelajari peran orang menggunakan biasanya notasi akan bantuan tahapan pembatasan atau tengah instansi yang bangsa terhadapa mencoba mempunyai sering ditelitinya turut kegunaan penggunaan srategi beberapa minat lebih utara keadaan pendapat terperinci diberikan perbedaan hanya peradaban penelitian faktor sebagai belajar kreatif apakah handal keinginan sesuatu menentukan menguasai menuntut gagasan lainnya dari karakter pihak kompetensi apapun susunan terdapat pertunjukan persaingan pola TUJUAN fungsi oleh sekitar semua hendak berkreatifita PENDAHULUAN dipakai negri intelektual hampir penguasaan pendengaran umum metode juga pernah misalnya pendekatan rendah LATAR permainan salaon lingkungan kecil saat tujuh sanggar rasa irama diperkenalkan senang mengadakan benar setiap terbata kehidupan penuli dasarnya salah menurut daerah akademik