inijah kala melon11lt tanpa nilai tujuan ita belakang menaj diterima gcdcnisi sudah terluldap 1alu suaru serta sdr lcbib memejukan tamasuk cnsi regional emik meopuarl keterampilan pembclajlltad hari banglm masyarakac sifll bahln suategi maa urikulwn pmdidikan metodc lcurik mengkaji udiuk malai pcrubahm pertu GW'U betbapi dipersiaplum mcnenrulr bcrmuiu professional aspek memilik maulab menberdayakan mendeskripsikan kebijlkan iswa terlihat pel kompctensi elm mulia denaan digunabn ide intanasional bubungan digudakan bersifal ajar labadap calkan sdlab uncull beru ulum dilwenakan prnsc pefwl cukup pcnggunaan batanggunsjawab tidak pertwian sem UN benoda lidak diemban mcngenal saa1 pcneotu pcrubeban scringnya basil bettesi seb mcmbantu sistcm pkan fenomena diberengi kebudayaan paabelajaran profesioaal mcogak malta dajl8t ptrlu benababal i'capal diicdtukan iru adalah bebkaaa IIS kcsadaran penjang konsisten danlatau peoilaian iiwldiri jli'ot entukan tanggung kemampuan sendiri untuk pengcuhuan bertumpu pembelej berubah rnc lrurik lrurikullllll diduga manusialain 5euiiibnya diuji didilr berdasarl berjangka medan ltelabiw dlp cujiwi berdaya tabun diibanllkan siswa sehingp meningkatkan amanab diganti lcurikulwn matcri 1cnebul keputusan rerxbur alcan edanya mempeniapbn diumji berlu'eativita individu memungkinkan rnengubah layak odalab alwllcbib siswanya peosdah11111 terwap 2006 terwujud asu upaya mencalcup rcrgolong jup nglcan bail merupakan sebelwn 1984 support memberilum meogajar tahun mencapai global kompleb idi kebabasilan memili hendaknya tlli partisipasi pelajaran bermula mab kan profesional sewn dituj pengdol11111 prose memiliki dalam pcrilaltu wi abn pendidilr anal diperlukan sebegai tempe memililci hubujiaan kelemahan mcnentukan sebelwnnya lerfladap nyalc pralcti kompeicdsi IIX aspct bersama standat pcser1a trarl kola inilah beftembe sistem profesionalisme berlualifilas dikemulcabn isi renru kondwif kompetell uiiiuk manusiawi mengembe kazm8 ibn saja 811lt1g lbant pembelajaran waktu sndi jabalan ltini itu baban lcuritulwn klwilgnye han a1at BAB publillan teoriti memasuki lepa1 ngan alwl termasult studi XXI peodidikan M8I visi untult mengelola lenebut 111cft8 pelllllhaman pembejajaran rugasnya llchidupan SMA dimiliki dasar elenmpilan kela kurang peddidikan bailt bisa beban bidang blail sdlinap berbeda jiwa lwu disiplin antara llurilr penyet kepetulwl emt diukut mcdan muru indibtor ini media pengalaman peningkot peojelasan ltulah masalab gan dalarn nkan npa pembelajar raogka mencerdajkan kurilrulum benuti keberbasilan bagi pemabaman mempersiaplum sijabu rujuao realica bilamana kepeda ails menjadi lkan kemarnpuan baik ditentukan kebijakan dcngan relevan menanambn metlpkibatkan hal enni llaru jelu bamula kemuclian kegjalan ktu olab qala pembclajaran dajlal manajemen melakukan ma pema1wnan dimensi inleleklual uncuk meoengab mcmbentuk indih denl111 penaetahuan bennanfaal bericaitan mengakibatlcan prooe gilinnnya menidgk akup xbepi lelltu pembelajii'aii berbalita ditc diri ajpelr nabn ptmbelajaran lahlr perluasan benyak tetbadap kebijalcan pembelajanm mengimplementasikan logi didiknya sanp dilakukan kderlibolan rancangan sesuai balk karena ubn mcndalam pula pembclajatan prestasinyl katcna tidajt membu julusan sebubungm pooda lcuajita lanju kwik dilaksanakan meopjar erbukti komplek kurilculum wama berbubungan lagi scmwo memab ntukan kaitanoya ltcsadlnd ala secan bait sudab ditnnsfer 5iswa menjpuan menteri ber1uj tcrlibat pemilcitan dua maleri lin dituding seeano eli dipemlch hidup mco1nlllsfolliui3ikan peosctahuan tinajca mmyusun psikomotorik budaya abad BSNP mu1u pcnuli berubab pendidikan apei apabiliw baoya rwujixinya negeri uotuk dan tugasnye tenebul berhubungan medan7 dunia ksud jawab gai disinilab denpn lcurikulum memod demik dikendalibn memberi meninglwkan sebapi imciruah eselr pembelajanon pembclaj1u1u1 sladdar secua ap11 mengcmban mualala bersifar lti yana huhungan stra mcncapai subjek mendutung meningblkan banya banyalr nasional pefiluilian pcncle tcrhadap kegialan dengan deopn sua1u pem4haman rmin diirin bcnama hubunpn melainlcan thinking berlwil dapal sarana kcmudian akan '1ir'lbllomi1e turilculum llepcfllllgkal I'IID ccnderung ilu bangsa mengefisicnbn daripeda sehari uan jantungnya dlisa dcwasa mengembanglcan mni dian muiu mcnjalanbn memberilcan tau nasution ian tinglw perlunya rclevan menggembitak meugajar guru penelitian mum anaauna pocemill lama oiorira sebab mcliputi mcninglwkan sccar penyusunan akad lndikator dipoti pedl dalpn mendalam dau mudah kompetensi betbitan ndidikan oalam upeya semakld lcurilculum clengan tcncbut anyaen oleh oleb blinya nbel menegah kbasanah diajarbnnya bertahan kwang kep crili prosrem dipakai ibarhn dew lcellidupan pendidilum mcngajat penguasaan temakin GUN lnmttvtlud tup maksimal mcogajar ukw1111 motivasi sekolab juga bermutu unt kompelensi menjalaou rendah ten berinisialif edminisuasi pcndidikan tinglcat kompeteosi babwa lingkungan melainbn rasa dikcmuklkan dikemukal ulwn disusun sis1cm smfllll mengembengllan sesual aran mencari jangka mulai yane sanga berlrualiw munckin kembengkan sckolah pertemtj kompe kinclja latar peserta bdng sama lembaga peningkatan kllrilr dipehami dibutuhkan denpd 'uig dimaoa oiorita sekelilingnya tcn keguruannya si dikaji oebin 3cbegai menyusun melalnbn bdul kehiclupan barapen auru posisi nabel manusianya nelapkan 1efudap masyarajw tinggi unlllk meiodologi suasana pembelaiiii'id sangatlah profcsi awing sanpa lakon paling batu sumber depen kurikulum kurikilum befbaaai mutlak alii pemerintah pendidik tuju keprit lajaran scmcnwa maupun bubn kegjatan kep6da kalau mcngefisic feoomena llebutuban melihal pert '1ll'lll dqlan kepemilibn peselitlaa rubuh terhadap pcmalwnan bahwa kurik terljadap selamanya terbeik diajalbn membaca iwic8iig suatu pen mminaht diajatbn wig mujaa unruk siwl koii penilaian menjedi produlr nguasai dildentijlkasi mencmpeti peoelitian secara tingk bertiubunpn fisilr apekab peluana oldl bersaiug make kcgiawt dilekukan mengeubui sen babagai acau kompclaisi iujuan oasiooal materi kurilr manfaat masyaraltatnya belum III8S tcthadap menambe berdimensi pembelajann beda urilculum den belajat wlgungjawabnya apa kemampgod salm selr lrurikulum nama tasebut ltuban besar ntultan tersebut oekolah kctidakprofesionalan indikator anak muda bd8jar berhasil SU8IU pembelajoran otuerv peru pcmbelajantt disuatu DI menciplalcan melalrulcan loyalitasnya sebegaimana scperti mutu kota kinelja maniliki berdampek daya masyatakat dituont meningkatlr IANI odjdik ebab kondisi lingllungan pendidill afdttif lauiam pemberdayaan seterusnya kcmapuon lemi diciict3plc iidhlk hubungan generasi idienksi tenmpil bat llehidllp peningkalan meocntukan hasil seeara en1 sedadgbn sikap kelerasiagan indikotor bedan lerbedap mempersiapkan bettemtj manajerncn jembalarl kdcnmpilan manusia pendiclikan dapat swnber llrllegi 1erlihat awab menet mclaksanakln lokal terdapet PEJIIDAJIVLVAN dlpel mcmahami bent memberikan melalui gun ratan sumbc maka peningh datang sdiap difolcuskm pesena betpenpruh sekolah pembelajatan begaii' deng kurikulwn olah bermuma kerje guna meoxt kcpal8 lebib meningkal begaimana SUN secaru tualisasika rangka kualita 2004 terjadi mad digunakan tettibat dibutuhlcan didik pengembengan lalu ieiah pendukung kemauan epedll etdclif keduanya strategi fak1or denpo seseorang diterapkan lall menjldi teknologi ptaelilioa abd cmerosot alai iiiajcmm rnanusia dciipk secam ensi standar pelaltsanaan masa II atnya aka para menanamkan poda pemalwnan scseorang inisiatif dikembangkan optimal baru gwu jek mungkin perleugkapan lain mengalr yakni efisien man mcngaktualisasikan pembe ditinglwkan cim relah medm ptdju dcnpd kwa pcrt evaluui dileksank timbul mcnganbangkan profesiodiiismc professiooal straltgi mengemtj telab sepeni penyebebnya '8118 1aract sarona kam accolllllohllijtj semakin rnendorong suk diting penuujiuii luar tanauna zaman cgj tidalt keseluruban kebhinekaan meleswilr ldeadji iiipci1imbangkan mampu bqi up pufc mensembln sel pendidiltan acuan llkan laai SIIIIUI ial iailgungjawabnya kcalilas ocoriw kwangnya bclajar pcserta kbususnya pada deo mcodorong ilmu mempeniapkan lruritulum sepcrti agar pi'osc bet01icntasi dcnpn pad mengalami dati kita pembelajuan bentult membcrikan a1au keluarga penpjlll'lll menghasilkan pengetahuan tingkal membimbing uniuk bukannya dirillya penerapan drnk mengefektifkan idikan dimana bersifat terdapal menarik ica selama emosional adaptasi forum alat sebllllb saling 1994 olorira saruan mengiltmi kcdudukan untul kopada pendekalan anya infomwi mwni diperhitungkan bidaoa disampailr discbul pengemtj iklim mengenai pengtjaran lembega SO apr giliranoya ape bertahun pendidibn tif jenjang sangat menc dape kebhinclr cjap ate kira kepada mcmajukan kebemasilan raa tercc menpjar dewasa rerutama jib tcrbi8 sanpt sebe ketaampilan sang tdub memahami perlu asillr pemahama tuga dipelajari melalcsanakan peran kcgiallln kurikujwn fasiliw erwama atau siswloya yang rennasuk KTSP O'IIYB indjk pembelaj fcr llllluk leowig masih rcm pemahaman 197S lebih 010rita kcmampwidftya jcilkan menjalank banyak band membuaa sebagai belajar apakah belajlt memungk 8crdasarbn terbodung tidal kependidikannya terlladap walctu dal dila'lpbn sesuatu meagefdailbn gwunya sert1 pede 1dap saiu kogllitif prasarana 'NI dari pihak pan dikatakan cara berbepi terbeilt semua sual banlog inkan wltanpn memerlukan ltemudian terasalr berwama paem 1111tult U8WI pcrilalru npn sulic pcngembe se11a pembelajano oya pellpwmn menciplakao pengetahiiiui lingkunaan diserahl tinglr mcnjldi idcdlubeh mengant mp ualita pembclajeran kaslm peodiclikar termasull beric keli bcsar bmla llpl berilruc owu umumnya twllutan kccehpan 1eknologi peoingkalan kehidupan kesuliiiid komite sclain penpmbilan diasunuibn objek pimpllwl dewan 3ekolah tingkat seean