profaioul ldal kelompok kompet dilakulwlnya determinasi kompeta serta t'una dapet pelatihan ncgcri keterampilan kllususnya menafsirtwl sehin hubudpn blaft remyalll profc 1insai rujuan belajv dimilki icthldap bohwa JIW 506 pel elalei mcn bubungan alwt scnmpun meniagkalbn berikut ulum kompetmsi dapo1 pcofesional loblwya pcmbclojann oengan lidak pcngon110lan '1111 mabimal lcurikujum hasilnya neseri akhimya sekolall bcba basil UIU disltusi cvaluosi pendldikan kegiatan dao dial4minyl l17 penelirian mii1u itil muto seminar adalah IIS litungan mengontrol teni myai menaembonglc 232 tetapi meningblhn kemampuan sendiri pcmbclajann untuk mala pembdajann per k1rlkaj IIIII medan sion rutid siswa meningkatkan lll koefisien 006 regresi menelili matcri jua' mbolajaran diambil tentu administrasinyl selanjulllya bahan kqiatan keaialaft sebut sumbongan 2006 abtaa upaya mengjltuti pelaksanun dmgan mengevaluasi y1111g dipcrhatikan berperan lainoya kdiga pelajaran turul mab kan profesional memiliki dalam wllwasatl sibp kompc1a1si ptai ryueq diperoleh dad sampel ttncbut kompdensi vlriabel daa meninglcatbn kola variabcl jar 711 mcninsbtbn scmaldn uiiiuk sumbanpn ibn pembelajaran itu BAB pcmbclajaran mcmcntihi meclan bmam studi peodidikan dipcrlukan untult mengelola profesiooal rugasnya SMA dimiliki peai dawn dasar twil tat kela pmm pengtlahuan polensi bidang scmakin kompc lwu antara tensi muru mcdan ini pcmbolajann media pengalaman keilmuan WI ptn adanya kurilrulum kuriblum 491 lasebul nangguagjawab sebli scsuai menjadi mclaltukan baik diteliti profesiollal menunjukkan lai dcngan hal ada 111ps manajemen dikcuhui sumbulgan menyelenggarakan mcngontrol llesamya lwil beumya pcnelitian enebut rrt pcofesiooal musyawvah 723 swnbugm ncgc diri hubunganny geloj odajah iuiiibangan tabodap sllu kcbutuhan 120 pengtllbuan dilakukan 1111tuk bcnaml bcnar sesuai karena iar kcperluan hubungannya bru 87S 'USUIIIII abft ptmllhaman mcmilild beba scndiri siklp krealif maupebn melaksidakan pnda variabel scbew scc SARAN dua koapdtaoi oisarankan eli mcnguasoi aktif mcngevaluasi clilokubn khu dapel kwikulwn pengelahuan pendidikan panbelljaran stllldar iup lasi pcmabaman selalu jarao belt negeri dan laltug peneliri bcndalcnya IMPLIKASI gresi membololu sckolab kompe1ensi tmebut MOMP yana menm ryu sal meningblkan S32 penelttian pclatihan signiftltan linggi pmamaan dengan diskusi profesion cdua hubunpn bcnama dapal sarana kurilnllum kompecensi akan saran pmgelahuan disinsi diperlihatltan meninej koefisicn mendidik mcmilih lajari cleogan kompetcnsi pernbelajann penggunaan temuan muiu pcofesicloal kerja signifikan dianlaranya guru penelitian latihan penyusunan yong kelerampilan ptaleaklta dalpn mudah kompetensi penalaran benrti pmelitian mata ompetaai mcmbeuruk dirinya oleh mtmilik meningblbn untclt malcsimal menunjukl 448 kelcrampilan motivasi juga unluk mcninglcalkan ierislilt btsar disompaikan kcmpetensi diperlihalkan did pcndidikan jaridftya memalwni clih digeneralisasikan mengenal befkualiw betperan wlahm rdtan sebesar be pcmbola vlriabcl aran clenpn menurut neteri tungsinya lalui sckolah kompe berclasiibn peserta prinsip sama peningkatan mensa mlllai scbe denpd pengcmbong YIDI seen dilakubn pengcllhuan lebilt gcnal kompclt pcscna peninpatan pcngujian abel mcngembulgkon tinggi unlllk pcmbctaj profcsiooal bcrlzti sitp ddamioasi wilayah kemompuan pembej dcterminasi bej pua kurikulum cil mutlak kependidikan pendidik penelrian mcningbtltan maupun korelasi scar 1abldlp pelalillan sisi pet terhadap pcmalwnan bahwa kompetc kon laltulc belwn peser1a beslmya penataran mbuawj unruk adalob mengembanglc seperti evajuo peoelitian berbitan oldl pcmahamannya dapallebih bcrarti pembelajlll dikontrol dilcetahui 5cal1l seodiri 227 prosnm iujuan mob pcnamaan bimbin profesi melaksanalwl pembelajann mtmpcrdalam lrurikulum 946 positif besar 250 kedua pmingkalan ilif sebagaimana meagltasilbn mabel swnbulgan bila mutu maniliki kota onpbn oari kcpmdidikan pcncdahuan sumbangan dapm kondisi dituntut ktlclbolasan jnd meajaaklcba hubungan ienls ant ltbih clemcn hasil menunjulcbn beik merancang seprofesi DC nsi kwilwlum mbelajirii dapat tcnsi 701 lillmpn lni ktmampuan mahllllan 'inghtkan 5ea111 scan bcl melalui pemalwnaft dasan maka melaksanabn peningblan clori mahaman bcrpenn sekolah schingaa sebingp pembelajatan dipat kesimpulan ioo6 deng kurikulwn ara guna peabdljar koefaien hipousi kmcna aimana ilruli cakupan turu1 lwril kejjalan didik ieiah pell8latall variabtl mengingat melipoli bert tcrxbut beratti pmingkatan analisi mar kejlialan mempengarulti 111embellu api hubllllgan ensi standar kebutuhan 196 seora para meningkalbn pemalwnan mencntukan inknksi linaai gwu lwrilculum lain cllrij baperan gilillllllyl kcmpdeiisi llaplilwi demikian stndiri pellporii bah nwlekymhn mwimal berbllgai mcnpabn SIMPULAN semakin tentang luar reg tidalt pembolajirii 111ciodc pelayanan hcodaknya edminisirisi mejiputi tun jcnjang kegiataol negc sehubungan bebu dar1 swnbang pcmbclajaru kek profesionll secant didilmya ltasln tmaaa alam kuriltulum dlft bertailan mcmp swnbugan terhodap dipctliholkan 1111 dati membcriltan sanakin pcofaional menghasilkan diketalwi pengetahuan pcmahanwt mengikuti buil mcninglr meninpalkan secano 126 pcrumaan tara behwa prognun pcmahaman 8SIX lemyata tatwllp dulu besamya kom kekualan kwikulum pembelljaran semaltia ufti oui persia lembega apr ape tif 730 penga lalnnya seblpi jib mcrdta impulan mulll mcmiliki kegi81m sebe keliga kompdalsi bdojaraa sang memahami perlu isism mciipjm panbelajaran dilaksanabn yang benifat mempunyai dipersyaratltan turut v11tiabel beberapa masih apabila bcnuti pemahaman lebih YID dcng atlw koddisi belajar sebagai uacan pcofesionll kdcuolan plda dajam pemaboman peser11 anllra benni pcnatatan SIIU panbelajann kebiosaan prasarana organisasi dari pembolajaran lcuriklllwn pan sumbcr mengejlr sccat11 pcofesicnal efel pmgajaran DAN arkm pcnting alah penn su umum llya idciiagunwa scbesar mbolajanid rnya pribadi pengtllbuiii pendidikannya sisltm tcna panbohuan mtmperoleh jumlah odalah elol yolmi daerah tingkat