kelompok disebut tanpa tujuan diterima belakang latar masing masukan serta peserta lakukan lembaga keterampilan mengeluarkan hari keberhasilan antar berantai segala berbahasa ditetapkan kenyataan penjelasan pasangan berlarut dilatih menurunnya tinggi dicapai sedangkan ima berkeringat mencerminkan erat paling lisan kehidupannya perbandingan aspek keefektifan kurikulum dijadikan membantu terlihat sekali maupun meneruskan mengajarkan berita ide bentuk berikut berlangsung terhadap bahwa potensi seiring tidak tarigan membaca terampil suatu pemecahan sastra bahasa lupa sosial kemudian seperti sesudah secara berlin kegiatan adapun sekaligu ketika masalah adalah memenuhi 2013 kelancaran materi berjumlah dihadapan manfaat disamping belum didalam kemampuan untuk beraneka malu masyarakat perkembangan lapangan mempelajari tersebut gugup judul memuaskan selanjutnya melatih ata siswa menelepon meningkatkan rumusan hafalan uraian berdiri sebata program khususnya percaya keberanian diambil mutu individu bahan menyimak memilih kondisi menjelaskannya peneliti merupakan usaha pikirannya langsung berperan mencapai hasil disadari dihadapi melibatkan sani pelajaran dilalui langkah manusia dapat prose mengatasi memiliki yaitu dalam informasi meliputi cerpen diperlukan diperoleh dala diharapkan pesan larut sulit memberikan melalui sewaktu mengemukakan maka inilah berani sehingga samping mengangkat permasalahan sekolah 2017 penerima sedang pembelajaran memperoleh telepon itu pertanyaan mengasah BAB haru kata perasaan studi penting referensi kualita pembacaan tertarik berbicara terjadi tepat digunakan dimiliki dasar semuanya satuan didik kela mengungkapkan meatih KKM baha kurang arah teman bidang terlinta mengembangkan sebagainya bermakna 2015 antara berinteraksi seseorang diterapkan ini media pengalaman indonesia adanya diuraikan terlebih ragam bagi bertanya pikiran cenderung para kurniasih menjadi mengetahui baik jela optimal menunjukkan baru satu relevan hal ada lain dibiarkan yakni identifikasi 107405 wajib model melakukan diata dirasa menyampaikan keunikan tulisan mengajar kelebihan perbaikan diperhatikan memecahkan melihat membekali sejauh segalanya tiga jalan dibandingkan keaktifan diri semakin muka tentang depan tekni menjawab dilakukan sesuai mampu mengakibatkan karena jadi artikulasi bervariasi pula hingga dilaksanakan pada persoalan sekelasnya sentral pokok menuli membuahkan agar sesama dilihat berkembang gagasannya kita dingin diajarkan pengetahuan dua tanggapan mulanya aktif hati dibawah budaya televisi amasalah pendidikan emosional transfer alat saling radio negeri dan berhubungan berpartisipasi menekankan perbendaharaan termotivasi adalahpembelajaran penyampai wadah produk sangat dibawa kepada empat komunikasi bertatap menciptakan maksud dampak dengan meminta data batasan diskusi berkaitan perlu tuga dipelajari takut orang peran menggunakan biasanya akan utama atau yang sehari mempunyai dibentuk penggunaan beberapa masih dikuasai apabila lebih pendapat SD hanya menyatakan guru banyak penelitian sei sebagai belajar kreatif apakah 2016 sesuatu menguasai menuntut pendapatnya bahkan gagasan lainnya menyoroti persatuan observasi dari berlatih kompetensi penalaran tetapkan didasari dia awal mata didapatkan rotan dirinya namun cara pola dirasakan pikirnya oleh sekitar semua didepan aktivita PENDAHULUAN mewawancarai tercapainya mana kelompoknya intelektual telah metode pengamatan rendah berkomunikasi lingkungan kesatuan sendirinya kecil meningkat saat padahal mengenal mengadakan setiap kehidupan berdasarkan penuli objek dasarnya salah menurut ketuntasan jika tingkat