PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIAN

Nasution, Maya Ardiani (2017) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1132111010_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1132111010_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1132111010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1132111010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1132111010_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1132111010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1132111010_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1132111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1132111010_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1132111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1132111010_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1132111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1132111010_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1132111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1132111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1132111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1132111010_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1132111010_BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1132111010_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1132111010_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1132111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1132111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penggunaan strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan membuktikan apakah strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101801 Kedai Durian di kelas V pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 31. Terdiri dari 17 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu :perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahap awal diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 51,93 dengan ketuntasan 12,9%. Pada tahap awal ini siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dan yang belum tuntas 27 siswa. Selanjutnya pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 67,90 dengan ketuntasan 54,84%. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah sebanyak 17 siswa dan 14 siswa dinyatakan belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 83,87 dengan ketuntasan sebesar 90,32%. Dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 28 siswa dan 3 siswa dinyatakan belum tuntas.
Dari hasil data penelitian tersebut disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, dikarenakan penggunaan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101801 Kedai Durian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 104
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Card sort; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 03:13
Last Modified: 26 Apr 2017 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item
View Item