MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DI KELAS V MIS AL-HIDAYAH NAGA KISAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Lestari, Puji (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DI KELAS V MIS AL-HIDAYAH NAGA KISAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA PUJI LESTARI ( NIM. 1131111030).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dalam materi mengubah pecahan dan desimal menjadi bentuk persen di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan media pembelajaran flashcard di kelas V MIS Al-Hidayah Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan yang berasal dari kelas V pada tahun ajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi guru. Berdasarkan pre test yang dilakukan dari 32 orang siswa hanya 4 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 12,50%, dan 28 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 87,50% nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 27,81. Pada siklus I dengan menggunakan media pembelajaran flashcard, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 56,25% dan 14 orang siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 43,75% nilai rata-rata klasikal sebesar 63,44. Dari perolehan Siklus I bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dengan menggunakan media pembelajaran flashcard, hasil belajar siswa secara signifikan mengalami peningkatan dari yang sebelumnya, terdapat 29 orang siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 90,63% dan 3 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 9,37% nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 77,03. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada materi mengubah bentuk pecahan dan desimal menjadi bentuk persen di kelas V MIS Al-Hidayah Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: SK-2017 PGSD 091
Keywords: Hasil belajar; Media pembelajaran; Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24287

Actions (login required)

View Item View Item