PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2016/2017

Tarigan, Andreas (2017) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM.6123111007 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM.6123111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM.6123111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM.6123111007 PREVACE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM.6123111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM.6123111007 TABLE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM.6123111007 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM.6123111007 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM.6123111007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM.6123111007 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.6123111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.6123111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribble Bola Basket melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi alat pada siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe yang berjumlah 29 orang diantaranya terdiri dari 9 siswa putra dan 20 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Dribble Bola Basket masih rendah yaitu 9 siswa (31,03%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (68,96%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Dribble melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (68,96%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (31,03%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II hasil belajar Dribble Bola Basket yaitu 26 siswa (89,65%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,34%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat dapat meningkatkan hasil belajar Dribble Bola Basket pada siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanik, Saipul Ambri198710262014041001
Call Number: SK-2017 PJKR 049
Keywords: Pendidikan Jasmani, Bola basket, gaya Mengajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24257

Actions (login required)

View Item View Item